Pemerintah Kabupaten Bogor, Jawa Barat, gencar mempromosikan produk-produk lokal unggulan asal daerahnya, salah satunya dalam Indonesia Maju Expo dan Forum 2023, di Plaza Selatan Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta, pada 1-4 Juni.

"Kita menampilkan produk-produk unggulan asli Kabupaten Bogor, mulai dari kuliner, fesyen, dan yang lainnya. Semua adalah binaan Pemerintah Kabupaten Bogor,” kata Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kabupaten Bogor Deni Humaedi di Cibinong, Bogor, Kamis.

Kegiatan yang diselenggarakan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) RI ini mengusung tema “Transformasi Ekonomi dan Nasionalisme untuk Indonesia yang Berkelanjutan”.

Baca juga: Pemkab Bogor ingin perlebar akses pasar digital untuk promosi produk lokal

Pemerintah Kabupaten Bogor ikut mendirikan gerai pameran kolaborasi tiga dinas, yakni Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar), Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah (Diskop UKM), serta Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disperdagin).

Deni menyebutkan, kegiatan tersebut menjadi peluang bagi produk-produk Kabupaten Bogor untuk lebih dikenal oleh masyarakat di daerah-daerah lain.

"Produk Kabupaten Bogor itu sudah baik kualitasnya, tinggal bagaimana kita lebih gencar melakukan promosi hingga ke tingkat nasional dan internasional. Harapannya dengan mengikuti Indonesia Maju Expo ini produk kita lebih dikenal dan dibeli oleh masyarakat luas," kata Deni.

Baca juga: Bupati Bogor imbau seluruh ASN gunakan seragam dari produk lokal

Indonesia Maju Expo merupakan salah satu upaya Kemendagri RI dalam mendorong agenda pembangunan nasional serta mendukung iklim perekonomian lokal yang berorientasi ekspor.

Pada kegiatan tersebut, terdapat pameran, webinar, workshop, business matching, social event, procurement network, dan gelar budaya.

Kemudian, Forum 2023 akan menjadi wadah dialog, belajar, serta sosialisasi transformasi ekonomi digital bagi pemerintah daerah (pemda), pebisnis, dan masyarakat umum.

Baca juga: Pemkab Bogor dorong produk IKM dan UMKM lokal tembus pasar modern

Salah satu pelaku IKM asal Kecamatan Citeureup Kabupaten Bogor Dedi Ahmadi mengaku bangga karena telah difasilitasi Pemerintah Kabupaten Bogor mengikuti Indonesia Maju Expo.

Menurut Dedi,  kegiatan nasional tersebut memberikan peluang bagi pelaku IKM untuk lebih memperkenalkan produk ke masyarakat yang lebih luas.

“Kami berharap bisa melakukan pemasaran yang lebih luas melalui kegiatan ini, bahkan mimpi kami bisa tembus pasar mancanegara. Kepada Pemkab Bogor kami juga berharap untuk terus memberikan pembinaan dan memfasilitasi kami untuk menjangkau pasar yang lebih luas,” tutur Dedi.

Pewarta: M Fikri Setiawan

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2023