Wakil Bupati (Wabup) Sukabumi Iyos Somantri mengatakan berbagai kerja sama di bidang pertanian yang dilakukan Pemerintah Kabupaten Sukabumi dengan menggandeng berbagai lembaga dan dunia usaha mampu mempercepat pertumbuhan ekonomi masyarakat desa di daerah ini.

"Kabupaten Sukabumi memiliki potensi pertanian yang sangat besar dan didukung dengan lahan pertanian yang luas. Maka dari itu untuk memaksimalkan dalam pemanfaatannya tentu harus adanya dukungan dari berbagai pihak," kata Iyos Somantri, di Sukabumi, Selasa.

Menurut Iyos, salah satu kerja sama yang dibangun Pemkab Sukabumi di bidang pertanian yakni pengembangan tanaman hortikultura di berbagai desa, salah satunya di Kampung Adat Kasepuhan Ciptagelar di Desa Sinarresmi, Kecamatan Cisolok.

Kerja sama tersebut dilakukan bersama Organization for Industry Spiritual Culture and Advancement (OISCA) Internasional Jepang, dengan lembaga tersebut telah menunjukkan berbagai keberhasilan pada sektor pertanian.

Tentunya program pengembangan pertanian yang dilakukan OISCA ini sangat membantu masyarakat di Kasepuhan dalam meningkatkan hasil pertanian dan perekonomian, katanya pula.

Berbagai program yang diluncurkan OISCA ini merupakan solusi untuk masyarakat Kasepuhan adat dalam meningkatkan pemberdayaan ekonomi masyarakat selain sebagai petani padi.

Di Kampung Kasepuhan hasil panen padi yang mereka tanam itu tidak bisa dijual, oleh karena itu dengan adanya program dari Oisca sangat membantu dalam pemberdayaan masyarakat.

Pewarta: Aditia Aulia Rohman

Editor : Feru Lantara


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2023