Ketua Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Sutomo mengatakan komunikasi menjadi kunci untuk membangun Hubungan Industrial Pancasila dalam rangka mewujudkan Kabupaten Bekasi sebagai wilayah percontohan bagi daerah lain.

"Kedua pihak paham bahwa mereka harus saling menghargai. Pekerja menghargai perusahaan begitupun sebaliknya. Itu semua termuat dalam materi Hubungan Industrial Pancasila," kata Sutomo di Cikarang, Selasa.

Ia menjelaskan momentum 'May Day' menjadi pengharapan baik bagi pihak pengusaha maupun serikat pekerja untuk dapat meningkatkan komunikasi sebagai jembatan dalam setiap penyelesaian masalah.

Baca juga: Pemkab Bekasi dan Apindo gelar pelatihan usaha bagi UMKM

"Perusahaan ketika di situ sudah ada serikat pekerja ataupun PUK sudah memberikan fasilitas dan ruang secara keseluruhan. Pengusaha harus siap menerima mereka, baik melalui dialog dan diskusi yang dijalankan dengan baik dan membawa ketenangan di perusahaan itu sendiri," katanya.

Menurut dia, Hubungan Industrial Pancasila penting diwujudkan dalam rangka menjaga suasana kerja tetap harmonis mengingat satu sama lain memiliki kepentingan yang dijalankan melalui simbiosis mutualisme.

"Kalau Hubungan Industrial Pancasila sudah terjalin dengan baik otomatis kesejahteraan rakyat seperti amanah undang-undang pun terwujud bagi seluruh pekerja," katanya.

Baca juga: Apindo Bekasi targetkan pada tahap awal serap 3.200 pengangguran

Sutomo mengaku banyak penyesuaian yang harus dilakukan usai dua tahun dilanda pandemi, terutama dari aspek bisnis serta kompetensi. Pekerja yang memiliki standar biasa juga perlu diberikan keahlian agar dapat menyesuaikan dengan sistem produksi saat ini.

"Dengan kompetensi yang dimiliki pekerja, semakin baik tentu kinerjanya lebih baik dan meningkat. Karena akan sulit bagi mereka yang tidak memiliki kompetensi untuk bisa berkembang ke depan," ucapnya.

Apindo Kabupaten Bekasi berkomitmen mengambil peran aktif membantu Pemerintah Kabupaten Bekasi menuntaskan persoalan ketenagakerjaan sekaligus mewujudkan Hubungan Industrial Pancasila.

Baca juga: Apindo Kabupaten Bekasi minta UMK 2021 tidak dinaikkan

"Kami mendukung seluruh program pemerintah daerah termasuk kerja sama pelatihan kerja serta mewujudkan Hubungan Industrial Pancasila di Kabupaten Bekasi. Kami pun masuk dalam struktural Satgas Pengurangan Pengangguran yang dibentuk Pemkab Bekasi," kata dia.

Pewarta: Pradita Kurniawan Syah

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2023