Polres Kabupaten Karawang bersama Dinas Perhubungan setempat mengintensifkan pelaksanaan inspeksi keselamatan terhadap kendaraan umum (ramp check) pada armada bus, memasuki musim mudik Lebaran 2023. 

"Pelaksanaan ramp check ini adalah bagian dari upaya untuk memberikan jaminan keselamatan bagi para pemudik yang menggunakan jasa angkutan bus," kata Kapolres Karawang AKBP Wirdhanto Hadicaksono, di Karawang, Sabtu.

Ia menyampaikan kegiatan tersebut sebagai bagian dari upaya melaksanakan langkah-langkah terkait kesiapan pengamanan arus mudik lebaran.  

Kasatlantas Polres Karawang AKP LD Habibi Ade Jama menyampaikan kalau pihaknya telah menurunkan perwira lapangan untuk melaksanakan inspeksi kendaraan.

Tujuannya ialah memastikan kesiapan armada otobus yang memadai dan layak uji perjalanan.

Menurut dia, pihak kepolisian berkewajiban memberikan arahan kepada para sopir dan pengelola angkutan umum supaya melengkapi administrasi dan mengecek secara berkala kelaikan kendaraan.

“Agar tercipta keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran lalu lintas (kamseltibcarlantas) pada pelaksanaan liburan mudik lebaran tahun ini,” kata Habibi.

Kepala Bidang Lalu Lintas Dishub Karawang, Ade Syafrudin menyampaikan, ramp check dilakukan dengan sasaran bus lebaran yang ada di terminal dan pool bus perusahaan otobus di Karawang.

Ia menyampaikan  ramp check dilakukan guna memastikan kondisi kelaikan kendaraan bus, sekaligus untuk mengantisipasi terjadinya kecelakaan.

Pada saat pemberlakuan ramp check, kendaraan akan diperiksa satu per satu mulai dari kelengkapan teknis sampai kelengkapan secara administrasi. 

Pewarta: M.Ali Khumaini

Editor : Budi Setiawanto


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2023