Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Bekasi, Jawa Barat menyerukan slogan Bekasi Terang 2023 sebagai bentuk dukungan kepada pemerintah daerah merealisasikan pemasangan lampu penerangan jalan umum merata di 23 kecamatan dengan prioritas ruas jalan sepi dan gelap.

Ketua Komisi III DPRD Kabupaten Bekasi Helmi mengatakan realisasi program Bekasi Terang 2023 dinilai mampu meminimalisir angka kecelakaan lalu lintas sekaligus mencegah aksi kejahatan jalanan yang semakin marak akibat kondisi jalan tanpa penerangan.

"Yang utama dan paling urgent adalah maraknya aksi kejahatan di ruas jalan sepi dan tidak ada lampu penerangan atau sering dikenal aksi begal," katanya di Cikarang, Minggu.

Dia menyebut sejumlah informasi terkait aksi pembegalan di Kabupaten Bekasi disebabkan kondisi jalan yang gelap. Para pelaku begal cenderung kerap memanfaatkan jalanan gelap saat melancarkan aksinya.

"Beberapa kali kami mendengar aksi begal di Babelan, di Ruas Jalan CBL, lalu di pinggiran Kalimalang. Apa penyebabnya? Setelah dicermati, ternyata pelaku begal ini sengaja memanfaatkan kondisi jalan yang gelap untuk melakukan tindak kriminal," katanya.

Selain mencegah aksi kejahatan, kondisi jalan yang gelap serta berlubang juga kerap menjadi lokasi kecelakaan lalu lintas. "Dengan program Bekasi Terang ini, dua masalah yakni begal dan kecelakaan bisa ditekan sekaligus, dengan catatan program ini merata di 23 kecamatan," katanya.

Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Bekasi Yana Suyatna mengatakan pemerintah daerah berencana memasang lampu penerangan jalan umum di total 300 titik dengan prioritas pada Ruas Jalan Cikarang Bekasi Laut (CBL).

"Yang jadi prioritas utama itu di Jalan CBL, Cabangbungin, Tarumajaya, juga Muaragembong. Termasuk jalan-jalan yang sepi dan gelap, menjadi skala prioritas," katanya.

Dia mengaku pemasangan lampu penerangan jalan umum ini akan menambah keindahan jalan selain juga menekan angka kasus kejahatan jalanan serta kecelakaan lalu lintas.

"Kalau pemasangan lampu PJU ini juga menjadi prioritas teman-teman Banggar (Badan Anggaran) DPRD, maka program Bekasi Terang bisa terealisasi dan merata di 23 kecamatan," katanya.

Baca juga: Pemkab Bekasi perbaiki jalan sepanjang total 107 kilometer

Baca juga: Pemkab Bekasi memperbaiki jalan ambles di ruas Cikarang Bekasi Laut

Pewarta: Pradita Kurniawan Syah

Editor : Budi Setiawanto


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2023