Ketua DPRD Kabupaten Bogor Rudy Susmanto, di Bogor, Jawa Barat, Kamis, mengaku ingin meningkatkan sinergi antara pemerintah daerah dengan Institut Pertanian Bogor (IPB) University untuk mengatasi berbagai persoalan pembangunan.

Harapan tersebut ia sampaikan menyusul pelantikan Prof Arif Satria sebagai Rektor IPB University Periode 2023-2028, di Gedung Graha Widya Wisuda, Kampus IPB Darmaga, Kabupaten Bogor, Rabu (18/1).

"Sebagai bagian dari pemerintah daerah. Pertama saya mengucapkan selamat kepada Prof Arif Satria yang kembali dilantik sebagai Rektor IPB," ujar Rudy.

Baca juga: Ketua DPRD Bogor siap implementasikan arahan Presiden pada Rakornas Sentul

DPRD Kabupaten Bogor, kata dia, berharap Prof Arif Satria yang juga menjabat sebagai Ketua Umum Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI) tersebut dapat bersinergi dengan Pemerintah Kabupaten Bogor di banyak sektor. Bukan hanya pendidikan, melainkan menyoal pembangunan di sektor lain.

"Apalagi, seperti arahan Presiden Jokowi saat rakornas kemarin, saat ini dunia dibayangi resesi, krisis pangan, dan inflasi tinggi. Karena itu, salah satu yang bisa kita lakukan adalah bagaimana meningkatkan dan menjaga stabilitas produksi pangan, mengkombinasikan antara ilmu pengetahuan, teknologi, dan sumberdaya yang kita miliki," tuturnya.

Rudy berharap IPB memberi porsi riset dan penelitian yang lebih besar kepada Kabupaten Bogor. Hasil riset tersebut, lanjut dia, harus bisa diterapkan untuk meningkatkan produksi pangan dan industri pengolahannya.

"Saat ini kita memang sudah bersinergi, tapi menghadapi kondisi yang mungkin tidak biasa dalam waktu-waktu ke depan kerja sama ini harus lebih terencana dan terarah lagi. Lebih taktis, efektif, dan efisien," terang Rudy.

Baca juga: Ketua DPRD Bogor melantik anggota dewan PAW Rudi Setiawan

Politisi Partai Gerindra itu meyakini sinergi antara kalangan saintis, birokrat, politisi, budayawan, dan elemen masyarakat lain akan menjadi kekuatan untuk mengatasi berbagai persoalan yang dihadapi bangsa ini.

"Jadi saya mengajak para akademisi, mari kita bersama-sama membangun Kabupaten Bogor. Bukan hanya IPB, tapi dari kampus lainnya," tandas dia.

Prof Arif Satria kembali terpilih sebagai Rektor IPB University Periode 2023-2028. Majelis Wali Amanat (MWA) IPB University telah melakukan penetapan dalam Sidang Paripurna Tertutup yang digelar di IPB International Convention Center (IICC), Bogor, Rabu (9/11/2022) lalu.

Baca juga: Ketua DPRD Bogor ingatkan para perangkat desa manfaatkan dengan baik dana Samisade

Dalam sambutannya, Prof Arif mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang bersama-sama mendukung program kerja yang sudah dijalankan selama lima tahun kepemimpinannya sebagai Rektor IPB University 2018-2022. Ia berharap dukungan seluruh pihak untuk kepemimpinannya periode 2023-2028.

Menurutnya, tantangan IPB University kali ini berbeda dengan lima tahun lalu. IPB University harus siap memberikan berkontribusi untuk mengatasi ancaman krisis pangan.

“Oleh karena itu, harapannya IPB University terus berkontribusi secara positif melakukan aksi-aksi nyata di masyarakat untuk mengatasi krisis pangan tersebut. IPB University siap untuk berkolaborasi dengan berbagai pihak,” tuturnya.

Pewarta: M Fikri Setiawan

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2023