Pameran kerajinan tangan (craft) terbesar di Milan Italia, L Artigiano in Fiera 2022 mendukung untuk mempromosikan produk UMKM Indonesia agar bisa menembus pasar global.

Himpunan Bank Milik Negara (HIMBARA) seperti BRI, BNI, BTN, Mandiri kembali mendukung promosi UMKM yang diberikan melalui Madani Foundation sebagai lembaga yang bermitra dengan penyelenggara di Milan Italia.

Dewan Pembina Madani Foundation Mustopa Dwi Putra dalam keterangan tertulisnya, Rabu mengatalan delegasi Indonesia yang berpartisipasi pada Artigiano in Fiera 2022 semakin besar. 

"Artigiano in Fiera merupakan pameran craft terbesar yang rutin diadakan setiap tahunnya di Milan, Italia. Dalam setiap penyelenggaraan, tak kurang dari 100 negara ikut serta dalam pameran yang berlangsung hampir dua pekan tersebut," ujarnya.

Menurutnya, BRI, BNI dan BTN melihat event Artigiano in Fiera memiliki potensi pasar strategis. Dirinya menambahkan, dalam setiap perhelatannya tidak kurang dari satu juta pengunjung memadati kawasan exhibition terbesar di Milan. 

Dikatakannya, dari delegasi Indonesia mengirimkan aneka booth kerajinan UMKM. ITPC dan KBRI Roma juga menyuguhkan promosi seni, budaya dan pariwisata yang dibawakan di atas panggung Indonesia corner Pavilion. 

"Yang tak kalah membanggakan, kita juga mampu menampilkan kuliner Indonesia yang kehadirannya sangat diminati pengunjung. Terlihat dari antrian di restoran Indonesia yang mengular selama buka," ucap Mustopa.

Hal senada diutarakan salah satu peserta pameran asal Yogyakarta, Nell Kalinin. Dirinya mengaku sudah dua kali mengikuti Artigiano in Fiera di Milan. Melalui brand Javastyle, dirinya menawarkan berbagai produk kerajinan spesifik berupa Handmade Natural Bag and Home Deco.

Selain aktif dalam pameran craft di Milan, Javastyle yang juga pernah beberapa kali ikut serta pameran kerajinan di Perancis. Diantaranya: Foire de Bourdeaux, Foire de Paris, Foire de Marseille. Pameran berskala dunia kerap diikuti Javastyle karena potensi penjualan tidak hanya direct selling saat pameran. 

"Sering kali saya mendapat repeat order yang volumenya lebih besar untuk ekspor. Oleh karenanya saya berharap dukungan dapat diberikan untuk pameran-pameran kami berikutnya," terang Nell Kalinin, pemilik Javastyle ini.

Produk UMKM menunjukkan kualitas terbaiknya dan mampu bersaing di pasar global. Tidak hanya mengenalkan produk hasil karya anak negeri saja, namun juga diminati di pasar global.

Pewarta: Feru Lantara

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2022