Pemerintah Kabupaten Bekasi, Jawa Barat mengubah nama Ruang Rapat Bupati Bekasi menjadi Ruang KH Raden Ma'mun Nawawi sebagai tanda penghormatan sekaligus pengingat jasa-jasa pahlawan asal daerah itu.

"Kita sematkan nama KH Ma'mun Nawawi untuk nama ruang rapat bupati di lantai dua Kantor Bupati Bekasi yang biasa digunakan untuk rapat pimpinan bersama organisasi perangkat daerah," kata Penjabat Bupati Bekasi Dani Ramdan di Cikarang, Senin.

Dani Ramdan menyebutkan sebelumnya Pemerintah Kabupaten Bekasi juga sudah menyematkan nama Pahlawan Nasional KH. Noer Ali sebagai nama aula di Lantai IV Kantor Bupati Bekasi.

Pemerintah Kabupaten Bekasi berkomitmen untuk terus mengawal proses usulan KH Ma'mun Nawawi sebagai Pahlawan Nasional, salah satunya dengan mengusulkan perubahan nama Jalan Cikarang-Cibarusah.

"Gubernur Jawa Barat, Pak Ridwan Kamil saat menghadiri peringatan Hari Jadi ke-72 Kabupaten Bekasi juga telah menyetujui agar Jalan Raya Cikarang-Cibarusah dapat ditetapkan sebagai Jalan Raya KH Ma'mun Nawawi," katanya.

"Salah satu syarat yang harus dipenuhi untuk penetapan Pahlawan Nasional oleh pemerintah pusat adalah nama beliau harus disematkan dalam infrastruktur utama seperti jalan atau jembatan maupun gedung," imbuh dia.

Dirinya berupaya agar Gubernur Jawa Barat dapat memberikan surat keputusan sekaligus meresmikan secara langsung perubahan nama jalan tersebut. Pengusulan jalan provinsi di wilayah Cikarang-Cibarusah sebagai pengingat bahwa KH Ma'mun Nawawi juga sebagai ulama pejuang yang berperan dalam perjuangan kemerdekaan Indonesia.

"Insya Allah dalam waktu dekat bisa terlaksana, dan nanti seremoni sebaiknya dilakukan oleh Pak Gubernur langsung. Saat ini jalan raya tersebut sedang dilakukan pembangunan peningkatan jalan, ketika sudah selesai kemudian baru bisa diresmikan," katanya.

Dani juga berpesan kepada warga Kabupaten Bekasi untuk menjadikan KH Ma'mun Nawawi sebagai contoh teladan dalam kehidupan sehari-hari, mengambil pelajaran dan hikmah dari perjuangan semasa beliau hidup baik dari sisi keilmuan, perjuangan, amal soleh, serta manfaat yang telah diwariskan.

"Patut dicontoh dan tiru, suri tauladan Almaghfurlah KH Ma'mun Nawawi dalam kehidupan sehari-hari, dan mudah-mudahan ini menjadi motivasi kita semua sehingga kehidupan yang sekali ini bisa diisi dengan amal saleh yang manfaatnya dapat dirasakan untuk generasi berikutnya," kata dia.

Baca juga: Jalan Cikarang-Cibarusah diusulkan jadi Jalan KH Ma'mun Nawawi
Baca juga: Pemkot Bekasi akomodasi usulan legislatif terkait pembangunan tugu pahlawan

Pewarta: Pradita Kurniawan Syah

Editor : Riza Harahap


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2022