Badan-badan bantuan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) bergegas mengirim bantuan logistik ke Afghanistan, untuk korban bencana gempa bumi di daerah pegunungan terpencil di negara itu minggu ini, yang menewaskan 1.036 orang, dengan jumlah korban diperkirakan akan bertambah.

UNHCR, badan pengungsi PBB, mengirim tempat penampungan dan perlengkapan rumah tangga termasuk 600 tenda dan 1.200 lampu surya untuk mendukung sekitar 4.200 orang yang selamat, kata juru bicara Shabia Mantoo dalam sebuah pengarahan di Jenewa, Jumat.

UNHCR telah mengerahkan staf yang akan mengatur tempat penampungan bagi orang-orang yang kehilangan tempat tinggal dan mendirikan pusat pasokan untuk mengangkut bantuan dari Ibu Kota Kabul.

Mantoo juga mengungkapkan adanya risiko serius penyakit yang ditularkan melalui air.

Beberapa ribu rumah hancur atau rusak akibat gempa, kata Perwakilan UNICEF untuk Afghanistan pada pengarahan yang sama.

Pada Rabu (22/6) pagi, gempa bermagnitudo 6,1 melanda sekitar 160 kilometer tenggara Kabul, di pegunungan gersang dengan permukiman kecil di dekat perbatasan dengan Pakistan.
Sumber: Reuters

Baca juga: Tim Bergegas Bantu Korban Gempa Afghanistan-Pakistan
Baca juga: Dua orang terluka akibat ledakan di kuil Sikh di Afghanistan
Baca juga: Ledakan bom kedua terjadi di Kabul menjelang hari raya Idul Fitri
Baca juga: Tiga ledakan guncang sekolah menengah di Kabul Afganistan

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Korban gempa bertambah, PBB bergegas kirim bantuan ke Afghanistan

Pewarta: Yashinta Difa Pramudyani

Editor : Riza Harahap


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2022