Pemerintah Kabupaten Purwakarta, Jabar menghadirkan puluhan jenis pelayanan publik pada program Gempungan di Buruan Urang Lembur di Desa Cigelam, Kecamatan Babakan Cikao, Purwakarta.

"Program ini rutin digelar setiap Rabu. Ini juga merupakan ikhtiar pemerintah dalam mengatasi berbagai permasalahan yang ada di masyarakat sekaligus mendekatkan pelayanan ke masyarakat," kata Bupati setempat Anne Ratna Mustika, dalam keterangannya disela agenda Gempungan di Purwakarta, Rabu.

Pada agenda Gempungan kali ini, bupati memboyong sekitar 17 organisasi perangkat daerah, Instansi dan lembaga yang memberikan sekitar 40 layanan publik.

"Semua (pelayanan) gratis, kecuali untuk warga yang hendak membayar pajak," katanya.

Baca juga: Pelayanan publik Pemkab Purwakarta dapat predikat A dari Kemenpan RB
Baca juga: Bupati Purwakarta rotasi puluhan pejabat untuk maksimalkan pelayanan publik

Ia menyampaikan, program tersebut merupakan kolaborasi seluruh stakeholder dalam memberikan kemudahan pelayanan bagi masyarakat dengan berbagai macam pelayanan, di mana terdapat kurang lebih 40 pelayanan.

Di antaranya ialah pelayanan kesehatan, pelayanan kartu kuning, pelayanan pembuatan kartu pencari kerja, pelayanan izin mendirikan bangunan, pelayanan informasi dan bimbingan dunia UMKM, pelayanan pencatatan sipil, pelayanan pembuatan KTP, KK, akta kelahiran dan akta kematian, pelayanan pajak kendaraan, dan lain-lain.

Selain itu, pada kesempatan itu Dinas Peternakan Purwakarta juga membawa program Inseminasi Buatan (IB) untuk hewan peternakan milik warga Cigelam.

Baca juga: Diskominfo Purwakarta: Keterbukaan informasi publik bagian penting pelayanan

Program tersebut menjadi bagian dari upaya untuk meningkatkan produktivitas hewan ternak seperti kambing, domba, sapi dan kerbau.

"Mudah-mudahan dengan IB kita bisa mencapai target tahun ini sekitar 2.000 kelahiran IB hewan ternak yang ada di wilayah Purwakarta," katanya.

Pewarta: M.Ali Khumaini

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2022