Kemeriahan perayaan peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Palang Merah Indonesia (PMI) yang ke-76 berlangsung meriah hampir di seluruh daerah di Indonesia.Tak terkecuali di wilayah timur Indonesia, seperti yang dilakukan oleh jajaran PMI Kabupaten Nduga, Papua.

"Perayaan HUT PMI ke-76 tahun ini merupakan rangkain program kegiatan yang dilakukan oleh jajaran kepengurusan baru PMI Kabupaten Nduga yang secara resmi sudah dilantik oleh PMI Provinsi Papua," kata Ketua Harian PMI Provinsi Papua Zakius Degei melalui sambungan telepon, sabtu (18/9).

Menurut Zakius, sebelummya sudah dilakuan pelantikan kepengurusan baru PMI Kabupaten Nduga pada tanggal 4 september 2021 dengan dinakhodai oleh Edison Gwijangge sebagai ketua PMI Kabupaten Nduga, Sekretaris Kamius Gwijangge dan Bendahara Muhammad Nasir.

Baca juga: PMI Jember salurkan bantuan obat-obatan untuk TNI yang bertugas di Papua

Menurut Zakius, kepengurusan PMI Kabupaten Nduga merupakan kepengurusan pertama dengan pelindung Bupati Kabupaten Nduga, Nemius Nimiangge.

“Jadi khusus untuk PMI Kabupaten Nduga ini baru terbentuk, pelantikan ini merupakan bagian program kerja bidang organisasi PMI Papua,” kata Zakius.

Dijelaskannya, untuk kegiatan perayaan HUT PMI tahun ini sangat dirasakan meriah dan sangat bermakna di tengah masyarakat pengungsian Nduga yang saat ini berada di kamp pengungsian di Wamena Papua.

Baca juga: PMI bantu evakuasi pesawat jatuh milik MAF di Danau Sentani Papua

"Sebagai bentuk rasa kepedulian bersama khususnya untuk para pengungsi saat ini, dalam peringatan HUT tahun ini, PMI Kabupaten Nduga memberikan bantuan
berupa beras 1 ton dan 1000 masker untuk kebutuhan para pengungsi saat ini," kata Zakius.

Menurutnya, aksi sosial kemanusiaan ini  merupakan tugas awal yang dilakukan jajaran PMI Nduga dengan melakukan pendekatan sosial dan memberikan bantuan kemanusiaan kepada masyarakat Nduga yang saat ini masih dalam kamp pengungsian di Wamena.

“Ini tugas awal yang dilakukan jajaran pengurus baru PMI Nduga melakukan misi kemanusian penanganan pengungsi Nduga yang saat ini sudah masuk tahun ke-3 masih dalam kamp pengungsian,” kata Zakius.

Baca juga: PMI Papua berikan promkes kepada pengungsi banjir bandang Sentani

Zakius berpesan kedepanya selain membantu para pengungsi Nduga, pengurus baru bisa segera melakukan koordinasi dengan pemerintah daerah terkait tugas lainnya dalam membantu pemerintah dalam kegiatan sosial kemanusiaan saat ini.

Pewarta: PMI/Aditia Aulia Rohman

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2021