Bekasi, (Antaranews Bogor) - Pemerintah Kota Bekasi, Jawa Barat, akan membangun tiga jembatan di jalan sisi selatan Kalimalang menggunakan dana hibah dari Pemerintah Provinsi DKI Jakarta pada 2015.

"Rencananya Pemprov DKI menghibahkan minimal Rp100 miliar setiap tahun mulai 2015 untuk menyelaraskan pembangunan daerah mitra penyangga Ibu Kota. Dana itu sebagian akan kita manfaatkan untuk infrastruktur jalan sisi selatan Kalimalang," kata Kepala Dinas Bina Marga dan Tata Air Kota Bekasi Tri Adhianto di Bekasi, Minggu.

Menurutnya, kegiatan itu telah sesuai dengan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah(RPJMD) Kota Bekasi pada tahun ketiga berkaitan dengan pembangunan infrastruktur.

"Nantinya, sekitar Rp65 miliar dana hibah itu digunakan untuk pembangunan jalan sisi selatan Kalimalang," ujarnya.

Dia menjelaskan, jalan sisi selatan Kalimalang akan dilebarkan menjadi sekitar 7 hingga 8 meter dengan total panjang sekitar 3,5 kilometer.

Pelebaran jalan ini mulai dai Metropolitan Mall hingga ke Sumber Arta, perbatasan Jakarta Timur.

"Di sepanjang jalan tersebut akan dibangun tiga jembatan," ujarnya.

Tiga jembatan itu untuk menyambung akses jalan yang terpotong oleh keberadaan aliran sungai.

Wali Kota Bekasi, Rahmat Effendi, mengaku bersyukur atas niat Pemerintah Provinsi DKI Jakarta yang akan memberikan dana hibah sedikitnya Rp100 miliar kepada sejumlah daerah mitra penyangga.

"Katanya dianggarkan pada Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah DKI Jakarta tahun 2015. Kami bersyukur jika hal tersebut terealisasi," katanya.

Pewarta: Andi Firdaus

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2014