Ribuan anggota Palang Merah Remaja (PMR) se-Kabupaten Cianjur, Jawa Barat mengikuti pelatihan agar dapat mengamalkan ilmunya di tengah masyarakat  terkait pertolongan pertama hingga pelayanan pascabencana

Mereka dilantik oleh Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Cianjur Herman Suherman  di Bumi Perkemahan Mandala Kitri Cibodas, Jumat.

"Kegiatan pelantikan sekaligus pelatihan anggota PMR untuk tingkat Madya maupun Wira," kata Kepala Markas PMI Kabupaten Cianjur Hery Hidayat.

Baca juga: Kabut asap, PMI Riau sebar 70 ribu masker untuk warga
Baca juga: PMI-ICRC kenalkan dasar forensik pada jurnalis dan relawan

Kegiatan ini akan berlangsung selama tiga hari dari mulai 20-22 September 2019 yang akan diikuti oleh ribuan anggota PMR se-Kabupaten Cianjur.

"Dalam pelatihan dan pelantikan PMR nantinya para peserta akan mengikuti serangkaian acara  untuk melaksanakan kegiatan pelatihan gabungan yang meliputi materi kepalangmerahan, pertolongan pertama (PP) serta berbagi pentas kreasi seni," tambahnya.

Heri mengatakan pelatihan ini untuk meningkatkan keterampilan anggota PMR serta menjalin silaturahmi dengan anggota PMR lainnya.

Saat ini keberadaan PMR harus terus diimbangi dengan proses pembinaan.

Baca juga: PMI dorong pelibatan masyarakat dalam pelayanan
Baca juga: Sukarelawan PMI NTB belajar spesialisasi pertolongan profesional

Ia pun berharap setelah melaksanakan pelatihan selama tiga hari tersebut anggota PMR bisa mengamalkan ilmunya di tengah masyarakat seperti jika terjadi bencana mulai dari memberikan pertolongan pertama hingga pelayanan pascabencana.  

Menurutnya kegiatan pelatihan dan pelantikan PMR ini merupakan agenda rutin tahunan yang diselenggarakan oleh PMI sebagai wadah pembinaan generasi muda,  ajang silaturahmi serta menyamakan persepsi dan meningkatkan kemampuan anggota PMR yang baru.
 

Pewarta: Aditia Aulia Rohman

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2019