Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat meminta para siswa bisa lebih aktif dalam menjaga kebersihan lingkungan sekolahnya masing-masing, terutama dari sampah plastik.

"Seluruh sekolah ditargetkan bebas sampah plastik pada 2020. Disdik akan memfokuskan siswa untuk lebih aktif menjaga lingkungan sekolah," kata Kepala Disdik setempat Purwanto di Purwakarta, Jumat.

Ia menambahkan, target 2020 sekolah bebas sampah plastik merupakan salah satu upaya menjaga lingkungan, apalagi plastik merupakan salah satu limbah yang tidak bisa diurai.

"Targetnya 2020 sekolah di Purwakarta bebas sampah plastik, dari tahun sekarang kita terus sosialisasikan dan kampanyekan," lanjutnya.

Baca juga: Ada tiga jalur penerimaan siswa baru di Purwakarta

Untuk memuluskan target tersebut, Purwanto mengaku pihaknya akan membuat komitmen dengan pihak sekolah, lingkungan sekolah dan orang tua siswa.

"Bukan hanya sekolah, tapi lingkungan masyarakat di sekolah harus ada komitmen dan kita terus upayakan agar target bisa tercapai," ujar dia.

Selain melakukan sosialisasi, pihaknya juga akan memberikan sanksi kepada sekolah yang masih terdapat sampah plastik atau terlihat kotor. Itu dilakukan karena sekolah bisa dikatakan sebagai tempat membangun peradaban.

"Komitmen ini harus bisa dijalankan oleh seluruh sekolah di Purwakarta," kata dia.

Baca juga: Bupati Purwakarta minta sekolah laksanakan PPDB dengan transparan

Pewarta: M.Ali Khumaini

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2019