Bekasi (Antaranews Megapolitan) - Dinas Perhubungan Kota Bekasi, Jawa Barat, akan memberlakukan pengalihan arus di Jalan Raya Pekayon-Pondokgede sebagai imbas pelaksanaan Pawai Ta`ruf Musabaqoh Tilawatil Quran (MTQ) XX/2018, Selasa (25/9) pagi.

"Rute pawai akan mengambil jalur mulai dari Perumahan Pondok Mitra Lestari, Kelurahan Jatirasa menuju Kantor Kecamatan Jatiasih sepanjang 3 kilometer," kata Petugas Bidang Lalu Lintas Dishub Kota Bekasi, Aryo, di Bekasi, Senin.

Menurut dia, pawai tersebut akan diikuti sedikitnya 500 peserta dari kalangan santri dan masyarakat sekitar.

Rombongan akan mengambil titik kumpul di Perumahan PML mulai pukul 07.00 WIB dan bergerak menuju Kantor Kecamatan Jatiasih dengan berjalan kaki berikut pengawalan Dishub.

Selama aktivitas tersebut, kata Aryo, pihaknya telah menyiapkan tiga skema jalur alternatif penutupan lintasan Jalan Pekayon-Pondokgede berlangsung.

Untuk kendaraan dari arah Pekayon menuju Komsen/Pondokgede, akan dialihkan jalur kendaraannya menuju Jalan Pekayon-Jalan Galaxy-Jalan Cikunir-Jalan Jatiasih-Jalan Jatimakmur.

"Sedangkan jalur sebaliknya juga mengambil rute yang sama," katanya.

Sedangkan lintasan dari Cipendawa/Jatiasih menuju Pekayon akan diarahkan menuju Jalan Jatiasih-Jalan Cipendawa Baru-Jalan Siliwangi-Jalan Kemang Pratama-Jakan Raya Pekayon.

Aryo menambahkan, rekayasa lalu lintas tersebut dimulai pukul 06.00-11.30 WIB dan telah dilakukan sosialisasi kepada masyarakat setempat sejak sepekan lalu.

"Informasi ini telah kami sosialisasikan secara masif kepada masyarakat, khususnya warga yang kini berdomisili di sejumlah perumahan yang menjadi perlintasan pawai," katanya.

Secara terpisah, Plt Ketua RW013 Pondok Mitra Lestari, Rio Budianto, mengaku sudah menerima pemberitahuan tersebut dan siap mendukung suksesnya acara itu dengan melibatkan warga di wilayahnya untuk menghadiri pembukaan acara.

"Kami sudah menyebar edaran dari kelurahan dan kecamatan agar warga di PML mau datang besok ke gerbang utama perumahan dengan bersergam batik," katanya.

Rio memprediksi, PML diprediksibakan menjadi bagian dari pengalihan arus lalu lintas, sehingga pihaknya juga turut menyedian rekayasa lalin di dalam lingkungan perumahan setempat.

"Kemungkinan angkot akan melintasi PML, sehingga sudah kita siaokan rambu agar situasi lingkungan tidak terdampak kebisingan dan kemacetan," katanya.

Pewarta: Andi Firdaus

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2018