Sukabumi (Antaranews Megapolitan) - Dinas Koperasi, UKM, Perindustrian dan Perdagangan Kota Sukabumi, Jawa Barat, terus mendorong para pelaku usaha kecil dan menengah (UKM) meningkatkan kualitas produk melalui perbaikan kemasannya.

"Kemasan yang berkualitas dan menarik sangat mempengaruhi omzet, sebab biasanya konsumen sebelum membeli selalu melihat dahulu kemasannya," kata Kepala Dinas Koperasi, UKM, Perindustrian, dan Perdagangan (Diskop UKMPP) Kota Sukabumi Ayep Surpriatna di Sukabumi, Senin.

Menurut dia, untuk meningkatkan kualitas kemasan agar lebih menarik pihaknya juga rutin memberikan pelatihan kepada pelaku UKM, sehingga dalam memasarkan produknya, kemasan bisa menjadi daya tarik.

Harus diakui, masih banyak produk khususnya makanan hasil karya pelaku UKM Kota Sukabumi kemasannya belum menarik dan terlihat seadanya. Padahal, produknya mempunyai kualitas yang tidak kalah dibandingkan produk lainnya dan hanya saja kalah dalam kemasannya.

Sehingga, menurut dia, pihaknya terus berupaya mendorong agar kemasan bisa dibuat semenarik mungkin, seperti contoh produk-produk UKM dari daerah lain. Sebab, kemasan juga menjadi salah satu daya saing dalam penjualan.

"Dengan dikemas yang unik dan menarik dapat meningkatkan dan mengembangkan usahanya yang pada akhirnya dapat meningkatkan pendapatannya pelaku UKM," tambahnya.

Ayep menambahkan selain memberikan pelatihan pihaknya juga membantu mempromosikan dan memasarkan produk UKM yang tidak hanya di dalam Kota Sukabumi saja tetapi tingkat nasional dan bahkan internasional.

Pewarta: Aditia Aulia Rohman

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2018