Sukabumi, 14/12 (ANTARA)- Kota Sukabumi menggelar expo produk koperasi usaha mikro kecil dan menengah tingkat nasional yang diselenggarakan selama tujuh hari dari 13-19 Desember yang bertempat di Lapang Merdeka Kota Sukabumi.

Kegiatan ekonomi ini bertajuk Sukabumi Expo 2012, pada acara ini daerah yang mengikuti promosi dan penjualan produk UMKM berasal dari Jawa Barat, Bali, Sumatera dan Kalimantan. Selain itu, diikuti juga oleh pengusaha niaga besar mebel, desain interior, properti, tekstil, agro industri, wisata dan kerajinan tangan.

"Tujuan dilaksanakannya Sukabumi Expo ini, untuk mewujudkan gerakan koperasi sebagai dasar pengembangan kekuatan ekonomi rakyat, yang mampu mendorong pembangunan ekonomi secara mandiri, berkeadilan sosial dan berkelanjutan," kata Kepala Dinas Koperasi, Perindustrian dan Perdagangan (Diskoperindag) Kota Sukabumi, Dudi Fathul Jawad, Jumat.

Menurut Dudi, kegiatan ini juga memberikan kesempatan untuk mengenalkan potensi perekonomian Kota Sukabumi khususnya dan pontesi daerah di nasional dalam bidang produk industri, pertanian, perkebunan dan perikanan.

Selain itu, acara ini juga untuk memfasilitasi promosi dan informasi produk KUMKM dan mendorong pertumbuhan dan membangun jaringian bisnis dan memperkuat pangsa pasar serta menciptakan kemitraan masyarakat terhadap penggunaan produk dalam negeri.

"Kegiatan ini juga untuk memberikan motivasi kepada masyarakat dalam penggunaan produk dan jasa dalam negeri, serta menumbuhkembangkan semangat penggunaan produk dalam negeri dan daerah," tambahnya.

Sementara, perwakilan dari Pemerintah Kota Pontianak, Kalimantan Barat, daerah tersebut menyajikan sekaligus mempromosikan produk-produk UMKM buatan tangan asli warga Pontianak mulai dari makanan, minuman dan kerajinan tangan seperti cinderamata miniatur tugu 0 derajat dan meriam bambu.

"Sebenarnya produk UMKM dari Pontianak sangat banyak, namun untuk kali ini kami membawa produk-produk unggulan kami seperti makanan yang terbuat dari lidah buaya antara lain coklat, permen, kerupuk, minuman dan sabun," kata Staf Disperindag dan UKM Kota Pontianak, Mustaran.

Bahkan produk tersebut, sudah berhasil menembus pasar ekspor seperti ke Malaysia, Singapura dan Korea. Dan pemesannya pun setiap tahun selalu bertambah dan kegiatan ini sangat penting untuk diikuti karena selain untuk mempromosikan juga bisa belajar dari para pengusaha produk UMKM dari masing-masing daerah.


Aditya

Pewarta:

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2012