Pramuka Gugus Depan (Gudep) 03.077-03.078 SMAN 8 Jakarta menggelar Perkemahan Sabtu Minggu (Persami) di Pondok Kapilih Pancawati, Caringin, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Kepala SMAN 8 Jakarta Drs Mukhlis, M.Ikom di Caringin, Selasa, menjelaskan agenda tahunan Pramuka Gudep 03.077-03.078 yang berlangsung pada Sabtu (28/9) dan Minggu (29/9) 2024 itu diikuti sebanyak 346 anggota Pramuka dari Kelas X sekolah tersebut.

Kegiatan Persami bertema "Mewujudkan Generasi Emas yang Berjiwa Pemimpin, Santun, Mandiri, Kreatif dan Berwawasan Kebangsaan" ini, kata dia, menjadi salah satu komitmen sekolah yang dikenal dengan nama "Smandel Jakarta" untuk mewujudkan Generasi Emas.

"Kegiatan Persami ini tidak hanya sekadar kegiatan di luar atau berkemah saja. Banyak hal penting yang harus dijadikan pembelajaran, antara lain kerja sama, kemandirian, dan semangat kebersamaan sebagai keluarga besar SMAN 8 Jakarta," katanya.

Baca juga: 1.009 Pelajar Ikuti Persami Pramuka

Mukhlis berpesan agar peserta Persami dapat bekerja sama, bergotong royong dan peduli satu sama lain.

"Kebersamaan mendukung kesuksesan. Insya Allah kalian semua dapat bersama-sama jadi anak-anak yang hebat, generasi muda penerus bangsa yang cerdas, tangguh dan peduli," katanya.

Berbagai kegiatan digelar yang kesemuanya bertujuan untuk menumbuhkan kemandirian, kepedulian, kebersamaan dan menguatkan wawasan kebangsaan bagi peserta didik.

Kegiatan resmi ditutup oleh Wakil Kepala Bidang Kesiswaan dan Kehumasan SMAN 8 Jakarta Dr Gatot Handoko, M.Pd., selaku penanggung jawab Persami pada Minggu (29/9).

"Alhamdulillah, Persami yang merupakan agenda rutin Pramuka yang diikuti peserta didik kelas X SMAN 8 Jakarta Angkatan 2027, berjalan aman dan lancar. Semua ini berkat kerja sama semua pihak," katanya.

Baca juga: Pemkab Bekasi melepas keberangkatan 180 anggota Pramuka menuju Raimuna Jabar

Ia menambahkan Persami adalah salah satu program SMAN 8 Jakarta, khususnya bidang kesiswaan sebagai wadah pembentukan karakter supaya para peserta didik tetap mengedepankan kebersamaan, kekompakan kerja sama dan mandiri.

"Persami tidak terlepas dari kegiatan kepramukaan. Kita ketahui bersama bahwa Gerakan Pramuka di Indonesia adalah satu-satunya wadah pembentukan generasi muda yang tidak berafiliasi ke politik manapun," katanya.

Gatot menyatakan bahwa SMAN 8 Jakarta memandang perlu adanya kegiatan kepramukaan sebagai wadah pembentukan karakter generasi penerus bangsa, meski ekstra kurikuler Pramuka tidak lagi diwajibkan di sekolah.

Pihaknya menyampaikan terima kasih kepada orang tua siswa, sponsor dan semua pihak yang telah mendukung program ini, sehingga kegiatan dapat berjalan lancar.

Baca juga: Pemkab Bogor berhasil pecahkan 3 rekor MURI di puncak peringatan Hari Pramuka

"Insya Allah ke depannya tetap kami laksanakan program ini. Persami tahun ini bagus sekali, semoga ke depannya bisa lebih baik lagi. Terima kasih, salam Pramuka," katanya.

Ketua Angkatan 27 SMAN 8 Jakarta, dr Riki Wuri Sriwijayanti, MARS -- yang menjabat Direktur RS Dokter Adam Talib itu -- menyatakan bahwa Persami merupakan salah satu kegiatan positif yang sangat bagus bagi para peserta didik, sehingga layak didukung oleh para orang tua murid Angkatan 2027 SMAN 8 Jakarta.

"Kegiatan ini bertujuan melatih kemandirian siswa, membentuk jiwa kepemimpinan, belajar berorganisasi, kerja sama, gotong royong, menghadapi tantangan serta bagaimana belajar mencintai alam. Jadi, layak kita dukung bersama. Sejalan dengan motto Smandel Jakarta, yakni Cerdas, Tangguh, Peduli," katanya.

Pewarta: M Fikri Setiawan

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2024