Indonesian Sustainable Furniture Design Competition (ISFDC) 2024 telah memberikan penghargaan dan hadiah terbesar dalam kontes desain furniture di Indonesia kepada 10 desainer berbakat yang berhasil memukau dewan juri.

Acara ini dihadiri oleh para pemangku kepentingan, mitra penyelenggara, serta organisasi terkait, industi dan awak media.

Technical Director FSC Indonesia Hartono Prabowo dalam keterangannya, Minggu mengatakann kompetisi ISFDC kami inisiasi sebagai bagian dari perayaan FSC 10 tahun di Indonesia. 

Selain itu visi kami agar ISFDC ini dapat berkembang sebagai wadah bagi desainer furniture Indonesia mewujudkan ide dan gagasannya mengenai keberlanjutan dalam desain furniture yang dapat membantu industri mebel Indonesia mempu bersaing di pasar nasional dan internasional.

Selain acara seremonial berikut dengan pemberian hadiah, acara diawali terlebih dahulu dengan talk show bertajuk “Sustainability in Future Business: Overcoming Market Barrier” dengan keynote speaker oleh Neha Simlai – Head of Market Development FSC Asia Pacific dan tiga pembicara utama perwakilan dari FSC Indonesia, Tikamoon Indonesia dan Hafele Indonesia.

ISFDC merupakan ajang kompetisi desain furnitur dengan material berkelanjutan pertama di Indonesia yang mensyaratkan penggunaan kayu bersertifikasi FSC®, disertai dengan pembuatan desain prototype oleh industri mebel bersertifikasi FSC.

ISFDC diinisasi pada tahun 2023 oleh FSC Indonesia dan Tikamoon, ISFDC diselenggarakan untuk mendorong peningkatan kapasitas desainer furnitur Indonesia dalam menciptakan desain furnitur ramah lingkungan yang diterima oleh pasar Eropa. 

FSC adalah organisasi global non-profit yang mendorong pengelolaan hutan yang berkelanjutan, dan Tikamoon adalah produsen furniture asal Prancis yang mengutamakan material berkelanjutan.

Häfele sebagai salah satu produsen alat rumah tangga dan joinery asal Jerman yang memiliki jaringan yang kuat di Indonesia turut memperkuat kemitraan ISFDC tahun 2024 ini.

Keluarga Alumni PIKA (Kapika) dan Himpunan Desainer Mebel Indonesia (HDMI) turut mendukung kompetisi ISFDC yang diluncurkan pada Oktober 2023 yang diikuti oleh desainer furnitur amatir dan professional.  

Julien Malaisé – Head of Asian Offices, Tikamoon mengatakan ISFDC 2024 telah menjadi kesuksesan besar dan mendapat sambutan yang sangat baik dari komunitas furnitur.

Kompetisi ini bertujuan untuk mempromosikan desain yang ramah lingkungan di Indonesia serta menyoroti bakat-bakat luar biasa yang ada di industri ini. Kami yakin bahwa karya-karya para peserta akan memberikan dampak positif pada masa depan desain furnitur di tanah air.

David Lorenzo – Managing Director Hafele Indonesia mengatakan kami sangat mengapresiasi para desainer yang telah berpartisipasi dalam ISFDC 2024. Kolaborasi antara desainer, produsen, dan pemasok sangat penting untuk mewujudkan masa depan industri furnitur yang berkelanjutan.

Kompetisi ini telah berhasil menarik minat para desainer dari berbagai latar belakang untuk menciptakan karya-karya inovatif yang tidak hanya estetis, tetapi juga ramah lingkungan. Panitia menerima 64 desain sejak diluncurkan, namun setelah diseleksi oleh panitia hanya 49 desain yang sesuai dengan persyaratan lomba. Ke 49 ini kemudian diseleksi oleh para juri.

Desain yang menempati posisi Pemenang 1, 2, dan 3 dijadikan prototype oleh Tikamoon, bekerjasama dengan Kota Jati Furindo dan Ribka Furniture yang merupakan produsen furniture pemegang sertifikasi FSC.

Prototype didisplay di Voyer IFFINA Expo di Hall 8, pada 14-17 September 2024. Selain pemenang 1,2, dan 3, beberapa kategori di atas pun dibuatkan prototypenya. 

Pewarta: Feru Lantara

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2024