Pesona Swarga Bumi merupakan ajang peragaan busana yang digelar Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kota Sukabumi bersama PT Pegadaian Sukabumi bertujuan untuk mendongkrak dunia busana atau fashion Kota Sukabumi, Jabar.

"Kegiatan yang digelar selama dua hari ini dari Sabtu (31/8) hingga Minggu (1/9) ini menampilkan sejumlah produk busana hasil rancangan para perancang busana Kota Sukabumi," kata Penjabat Wali Kota Sukabumi Kusmana Hartadji di Sukabumi, Sabtu.

Menurut Kusmana, Pesona Swarga Bumi yang dibuka untuk umum ini sebagai ajang promosi yang bertujuan untuk mendorong kemajuan dunia industri busana di daerah berjuluk Kota Mochi ini.

Selain itu, kelanjutan dari kegiatan klinik pelatihan (coaching clinic) desain dan produksi busana siap pakai yang diadakan Dekranasda beserta PT Pegadaian pada Juni lalu. Hasil pelatihan tersebut, busana yang dirancang oleh perancang busana Kota Sukabumi akan ditampilkan.

Lanjut dia, acara ini tidak hanya sebatas menjadi ruang untuk mempromosikan kekayaan kreativitas lokal, tetapi menjadi wujud dari upaya kolektif Pemkot Sukabumi dalam mengembangkan sektor ekonomi kreatif..

"Pesona Swarga Bumi menjadi cerminan komitmen kami dalam memperkuat industri kreatif dan mendukung keberlanjutan UMKM serta IKM Kota Sukabumi agar semakin dikenal luas," katanya.

Selama kegiatan akan ditampilkan berbagai kesenian dan budaya terkait kekayaan warisan budaya Sukabumi, tanya bincang (talkshow) inspiratif yang diisi oleh para pakar dan pelaku industri kreatif, lomba kreatif hingga bazar UMKM yang diisi oleh beragam produk unggulan dari para pelaku usaha UMKM Kota Sukabumi. 

Kusmana berharap kegiatan ini dapat memberikan manfaat bagi para pelaku usaha, masyarakat dan pemangku kepentingan. Pemkot Sukabumi berkomitmen untuk terus mendorong pertumbuhan ekonomi lokal melalui penguatan sektor industri kreatif.

Pewarta: Aditia Aulia Rohman

Editor : Budi Setiawanto


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2024