Festival Merah Putih (FMP) 2024 berkolaborasi Pewarta Foto Indonesia (PFI) Bogor, menggelar pameran foto bertema “Festival Merah Putih dari Masa ke Masa” di lantai 3 Mal BTM Bogor, dari 19-25 Agustus 2024 yang dapat dinikmati secara gratis.

Sesuai HUT ke-79 Kemerdekaan Republik Indonesia, dalam pameran ini disuguhkan 79 foto yang menjadi sorotan kegiatan FMP dari tahun ke tahun. Seperti memerah putihkan Bogor, upacara penaikan dan penurunan bendera, doa lintas agama, edukasi, seni dan budaya, sosial, olahraga, pengembangan ekonomi dari awal pelaksanaan FMP hingga saat ini.

Ketua PFI Bogor Andi M Ridwan di Kota Bogor, Selasa, mengatakan, ribuan foto FMP dari masa ke masa ini dikurasi dari periode 2016 sampai dengan pertengahan 2024.

Baca juga: Pameran foto warnai refleksi satu tahun kinerja DPRD Kota Bogor
Baca juga: Kunjungi pameran foto, Atang Trisnanto apresiasi karya foto jurnalistik

Melalui pameran foto ini, kata Andi, warga bisa bernostalgia dari banyaknya momen dan cerita yang tercipta sepanjang sembilan tahun FMP hadir di tengah-tengah masyarakat Bogor.

Andi berharap foto-foto ini dapat menjadi sumber inspirasi bagi generasi muda dan semua lapisan masyarakat untuk merenungkan pentingnya menjaga dan memelihara persatuan di tengah keberagaman bangsa dalam kehidupan sehari-hari.

“Foto yang dipamerkan ini, merekam semua hal yang ada dalam Festival Merah Putih agar generasi mendatang bisa melihat kembali apa yang dilakukan di waktu yang telah berlalu. Lihatlah momentumnya bukan hanya gambarnya. Biar foto yang berbicara. Inilah pesan yang ingin disampaikan dari Bogor untuk Indonesia,” ujarnya.

Selain pameran foto, akan diadakan juga Workshop Fotografi tentang Citizen Journalism selama dua hari di Mal BTM lantai 3 pada tanggal 24-25 Agustus 2024. Workshop ini gratis dan terbuka untuk umum serta pelajar.

Baca juga: Pameran foto warnai HJB ke-540 di gedung DPRD Kota Bogor

Humas dan Media Relation FMP, Ben Mbo’oh menekankan pentingnya pameran ini sebagai sarana untuk menginformasikan kepada masyarakat luas, tentang semangat kebangsaan yang telah dirintis oleh FMP sejak tahun 2016.

Menurutnya, setiap foto dalam pameran ini lebih dari sekadar gambar. Bahkan foto-foto ini bisa menjadi jendela yang menunjukkan semangat persatuan dan nasionalisme yang berkobar di hati masyarakat Bogor.

“Kami percaya bahwa fotografi memiliki kekuatan untuk menyentuh emosi dan membangkitkan kesadaran, menjadikan pameran ini sebagai cara terbaik untuk menyampaikan pesan kebangsaan kepada masyarakat luas,” ujar Ben. 

Pewarta: Shabrina Zakaria

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2024