Direktur Jenderal Bina Pembangunan Daerah Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) RI Restuardy Daud mengapresiasi berbagai terobosan yang dilakukan Pemkab Sukabumi, Jawa Barat dalam upaya meningkatkan martabat kesehatan di daerah itu.

"Kami tadi sudah mendengarkan langsung berbagai terobosan yang diciptakan Pemkab Sukabumi untuk meningkatkan martabat dan kualitas kesehatan masyarakat. Maka dari itu, saya atas nama Kemendagri RI memberikan apresiasi kepada Pemkab Sukabumi dan masyarakatnya yang telah berkolaborasi membuat terobosan terkait kesehatan," katanya saat menghadiri Healthy Cities Summit (HCS) VI 2024 di Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi, Senin.

Menurut Restu, keberhasilan terobosan dan program yang sudah dilakukan Pemkab Sukabumi untuk meningkatkan martabat dan kualitas kesehatan dibuktikan dengan beberapa kali mendapat penghargaan terkait Kota Sehat mulai tingkat provinsi hingga nasional.

Baca juga: Komnas Perlindungan Tembakau: Implementasi Program KTR di kota maupun kabupaten masih kurang
Baca juga: Presiden Jokowi tidak jadi hadir pada pembukaan HCS di Sukabumi karena sedang di IKN

Pihaknya menilai beberapa langkah yang dilakukan Pemkab Sukabumi agar program dan terobosan terkait peningkatan kualitas kesehatan berjalan dengan tepat dan bisa dicontoh daerah lain yakni melakukan kolaborasi dengan masyarakat.

Sehingga kebijakan yang dibuat oleh pemerintah sesuai dengan keinginan masyarakat, tepat sasaran dan efektif baik dari sisi pelayanan rumah sakit atau fasilitas kesehatan, pengendalian lingkungan dan penyakit.

Kemudian dalam menentukan dan membuat program, Pemkab Sukabumi selalu berkolaborasi dengan masyarakat sehingga menghasilkan program yang benar-benar sesuai dengan harapan. Tentunya ini merupakan hal yang menarik dan bisa diimplementasikan di daerah.

Baca juga: Presiden Jokowi diinformasikan hadiri sekaligus buka HCS 2024 di Sukabumi

"Untuk mewujudkan program kesehatan yang bermartabat dan berkualitas harus dilaksanakan bersama-sama. Apa yang telah dilakukan Pemkab Sukabumi pada bidang kesehatan merupakan bagian dari visi Indonesia Emas 2045," tambahnya.

Di sisi lain, Restu berharap program terkait kesehatan yang telah dibuat maupun dicanangkan pada HCS VI bisa diimplementasikan secara maksimal demi Indonesia Sehat serta setiap daerah agar tidak puas dengan berbagai capaian yang telah dilakukan, tetapi harus terus ditingkatkan dan dikembangkan.

Pihaknya pun berharap kegiatan HCS tidak hanya sebatas acara seremonial saja, tetapi harus menghasilkan berbagai inovasi, program dan terobosan di bidang kesehatan untuk mewujudkan Indonesia Emas 2045.

Pewarta: Aditia Aulia Rohman

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2024