Depok (Antara Megapolitan) - Wali Kota Depok Mohammad Idris mengimbau seluruh pihak untuk menjadikan Hari Kebangkitan Nasional sebagai momen untuk memperkuat jiwa nasionalisme pada diri masing-masing.

"Saya meminta kepada seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) Kota Depok untuk bisa meneladani semangat para pejuang yang telah gugur di medan perang," kata Idris, usai memimpin Upacara Peringatan Hari Kebangkitan Nasional ke-109 di Lapangan Balaikota Depok, Senin.

Menurut dia keteladanan itu dinilai penting, tidak hanya untuk diri sendiri. Tapi, juga untuk ditularkan kembali kepada generasi muda penerus bangsa.

Ia mengatakan makna kebangkitan nasional itu, keteladanan dari para pendiri bangsa harus diturunkan seseorang dari tahun ke tahun, dari generasi ke generasi dan semangat para pahlawan harus bisa ditularkan dari dalam diri kita masing-masing.

"Kepekaan, kesadaran dan kebangkitan yang ada dalam diri masing-masing individu merupakan modal yang penting untuk menciptakan peluang dan inovasi baru, guna membangun bangsa yang lebih baik lagi," katanya.

Idris melanjutkan kepekaan, kesadaran dan bangkitnya kita adalah keteladanan yang kita lihat dari pendiri bangsa. Bagaimana pekanya Bung Tomo pada waktu masa mudanya, hingga bisa mengerahkan arek-arek Surabaya sampai munculah Hari Pahlawan itu di 10 November.

"Kita harus bisa munculkan kepekaan tersebut," tegasnya.

Pewarta: Feru Lantara

Editor : Feru Lantara


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2017