Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor, Jawa Barat menargetkan penurunan angka stunting di daerah itu hingga mencapai 14 persen pada tahun ini.

Penjabat (Pj) Wali Kota Bogor Hery Antasari di Kota Bogor, Senin, menyebutkan pada Agustus 2023 angka kasus stunting di Kota Bogor menunjukkan tren penurunan dari 2.300 kasus menjadi 1.400 kasus. Turunnya angka tersebut, disebut Hery merupakan upaya yang luar biasa hasil kolaborasi dan kontribusi semua elemen di Kota Bogor.

“Saya optimistis angka tersebut akan terus turun secara signifikan seiring dengan menurunnya prevalensi stunting di Kota Bogor yang ditargetkan mencapai 14 persen di tahun ini,” ujarnya.

Ia menegaskan, dalam menurunkan angka stunting perlu upaya baik skala nasional maupun daerah. Pertumbuhan dan perkembangan anak yang terhambat ini disebabkan beberapa faktor, seperti pola asuh, kurangnya asupan makanan bergizi dan kurangnya pemberian ASI eksklusif.

Baca juga: Kota Bogor sukses turunkan angka stunting hingga tersisa 1.849 balita
Baca juga: Kota Bogor dijadikan pilot proyek 1 juta bayi unggulan Indonesia

Apalagi, lanjut Hery, stunting perlu segera ditangani karena dapat menghambat perkembangan fisik, mental dan kognitif anak.

“Kita tahu stunting menjadi salah satu permasalahan kesehatan anak yang banyak terjadi di dunia, tak terkecuali di Indonesia dan khususnya di Kota Bogor,” ujarnya.

Sebagai contoh upaya menurunkan angka stunting di Kota Bogor, Kecamatan Bogor Barat menggelar Pembagian Ayam dan Telur Teman Penting di Kelurahan Curug pada Sabtu (18/5/2024).

Hery pun sangat berterima kasih atas upaya ini, dan mengapresiasi partisipasi Federasi Masyarakat Perunggasan Indonesia (FMPI) yang telah melaksanakan kegiatan secara berkesinambungan melalui kegiatan Festival Ayam dan Telur (FAT).

Baca juga: Pemkot Bogor gelar aksi bergizi untuk kurangi penderita anemia

“FMPI secara rutin akan memberikan telur kepada 52 anak-anak balita yang terkena stunting di Kelurahan Curug Kecamatan Bogor Barat dengan jumlah dua butir telur setiap harinya selama tiga bulan,” jelasnya.

Pemberian telur ini, kata dia, nantinya akan dilakukan kader-kader Tim Pendamping Keluarga (TPK) Kelurahan Curug setiap minggu. Termasuk memantau perkembangannya setiap hari, dan melaporkan hasil pendampingannya setiap awal bulan.

Tak hanya telur, setiap Rabu anak-anak stunting ini juga akan diberikan tempe bekerja sama dengan perusahaan Rumah Tempe AZAKI (RTA).

“Saya berharap program pemberian protein berupa telur dan tempat yang sudah berjalan secara kontinu ini dapat ditularkan di wilayah-wilayah lain di Kota Bogor, dengan harapan mempercepat mengurangi kasus stunting di Kota Bogor,” kata Hery.

Pewarta: Shabrina Zakaria

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2024