Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang, Banten, menggandeng PT PLN (Persero) untuk melakukan pembersihan serta perapian kabel listrik yang semrawut di sekitar lingkungan Pasar Anyar maupun Pasar Sipon.

"Kami minta PLN untuk membantu perapian kabel listrik di Pasar Anyar dan Pasar Sipon agar lebih rapi," kata Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Tangerang Herman Suwarman di Tangerang, Sabtu.

Ia mengatakan banyak kabel listrik yang tidak tertata rapi sehingga menimbulkan kesan yang semrawut di sekitar pasar. Pembenahan juga untuk memastikan tak ada kebocoran listrik yang dapat menimbulkan masalah nantinya.

Kemudian penataan Pasar Anyar dan Pasar Sipon pasca-Lebaran, kata dia, menjadi fokus utama Pemkot Tangerang setelah aktivitas jual beli yang meningkat selama bulan Ramadhan.

Baca juga: Kabel listrik PLN dicuri sebabkan lampu lalu lintas di Jalan RE Martadinata mati
Baca juga: Tragis, pekerja tewas saat gali kabel PLN di Mampang

Oleh karena itu, lanjutnya, Pemkot Tangerang telah melaksanakan operasi gabungan pembersihan sampah sehari jelang Lebaran dan setelahnya demi menciptakan kenyamanan.

"Kami bersihkan secara menyeluruh agar nyaman tidak terjadi penumpukan sampah. Dipastikan pasar bersih tidak ada sampah yang ditinggal dan menimbulkan ketidaknyamanan," ujarnya.

Ia pun mengimbau masyarakat Kota Tangerang untuk turut menjaga kebersihan pasar-pasar di Kota Tangerang, karena fasilitas tersebut milik bersama dan untuk kepentingan bersama.

"Maka ada baiknya kita jaga sama-sama untuk memberikan rasa nyaman dan aman secara bersama-sama. Kebersihan adalah kebutuhan, jadi harus kita jaga setiap harinya, dimulai dengan berbelanja tidak menggunakan plastik dan tidak membuang sampah sembarangan," ujarnya.

Baca juga: Aksi pencuri kabel PLN gagal, satu pelaku tewas

Sebelumnya Penjabat (Pj) Wali Kota Tangerang Nurdin mengatakan Pemkot Tangerang akan melakukan penataan Pedagang Kaki Lima (PKL) di Pasar Sipon agar lebih tertata dan nyaman.

Ia menjelaskan penataan PKL Kali Sipon akan dilakukan dalam beberapa tahap mulai dari pendataan dan sosialisasi. Nurdin berharap dengan penataan PKL Pasar Sipon dapat meningkatkan kenyamanan pembeli dan pedagang.

“Penataan tentunya untuk memberikan suasana belanja lebih nyaman dan rapi ke depannya,” kata dia.

Pewarta: Achmad Irfan

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2024