Ketua DPRD Kabupaten Bogor Rudy Susmanto mengimbau masyarakat untuk lebih berhati-hati dalam meninggalkan rumah saat mudik menjelang Idul Fitri 1445 Hijriah.

"Pastikan rumah terkunci dan aman saat ditinggal mudik nanti. Kalau bisa meminta tolong tetangga untuk mengawasi rumah juga," kata Rudy di Cibinong, Bogor, Senin.

Menurut dia, meningkatkan kewaspadaan sangat diperlukan mengingat potensi kejahatan bisa terjadi saat rumah dalam keadaan tak berpenghuni.

Baca juga: DPRD Kota Bogor sahkan Perda tentang Bale Badami
Baca juga: DPRD Kota Bogor usulkan bantuan semacam THR Lebaran bagi warga terdampak bencana

Rudy menyebutkan bahwa masyarakat juga bisa memanfaatkan fasilitas penitipan kendaraan gratis saat hendak mudik. Hal itu penting dilakukan untuk mencegah kasus pencurian terjadi.

"Manfaatkan tempat penitipan gratis kendaraan yang ditinggal mudik. Karena di sana lebih aman untuk menghindari pencurian," ujarnya.

Meski ditinggal sebentar, rumah kosong bisa mengundang aksi kejahatan pembobolan, maka kewaspadaan tetap perlu ditingkatkan dan jangan lengah.

"Para pelaku kejahatan selalu memanfaatkan kesempatan sekecil apapun dalam menjalankan aksinya," tuturnya.

Baca juga: DPRD Kota Bogor sahkan Perda tentang Bale Badami

Rudy juga mengimbau warga yang tidak mudik beserta aparat keamanan agar bersama-sama menjaga wilayahnya dari tindak kejahatan. Hal itu bisa memberi rasa nyaman bagi warga Kabupaten Bogor yang mudik saat Lebaran.

"Semoga para warga yang mudik bisa meninggalkan rumah mereka dengan tenang dan aman saat kembali," kata Rudy.

Pewarta: M Fikri Setiawan

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2024