Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Bogor, Jawa Barat, menambah panjang ruas pada dua jalur pejalan kaki atau pedestrian di wilayahnya pada tahun ini.

Kepala Dinas PUPR Kota Bogor Rena Da Frina di Kota Bogor, Minggu, mengatakan dua ruas jalur pedestrian yang akan diperbaiki dan diperpanjang ialah di Jalan Ahmad Yani, Kecamatan Tanah Sareal dan Jalan Tentara Pelajar, Kecamatan Bogor Barat.

Dua jalur pedestrian itu, kata Rena, akan ditambah panjangnya sekitar 300 meter dari kondisi yang ada saat ini.

“Untuk pedestrian Jalan Ahmad Yani anggarannya sekitar Rp1,5 miliar, tahun ini bertambah 300 meter. Lalu di Jalan Tentara Pelajar kita bangun juga Rp1,2 miliar,” jelasnya.

Lebih lanjut, Rena menjelaskan, jalur pedestrian yang diperpanjang di Jalan Ahmad Yani hanya dilakukan di sisi yang sama yaitu di ruas jalur sebelah kiri.

Pada 2023, jalur pedestrian Jalan Ahmad Yani di sisi kiri dibangun dan diperbaiki sepanjang 1,3 kilometer menggunakan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Kota Bogor sebesar Rp9 miliar. Anggaran itu juga digunakan untuk memperbaiki saluran air dan merapikan kabel.

“(Sebelah kanan) belum, nggak ada duit (uang). Tahun berikutnya kalau ada duit,” ucapnya.

Menurut Rena, beberapa ruas jalan di Kota Bogor diprioritaskan untuk dibuat jalur pedestrian. Bahkan tahun lalu pihaknya sudah menganggarkan sekitar Rp10 miliar untuk jalur pedestrian.

“Cuma kita ada yang prioritas, kena refocusing (anggaran) lagi. Kita nggak bisa ngotot juga. Apalah arti prioritas kalau nggak ada uangnya,” kata Rena. 

Pewarta: Shabrina Zakaria

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2024