Pemerintah Kabupaten Karawang, Jawa Barat, berkolaborasi bersama TNI dan Polri dalam melakukan aksi bersih-bersih sampah di sungai wilayah Kepuh untuk meminimalisasi kemungkinan terjadinya banjir.

"Sasaran aksi bersih-bersih ini area di sekitar sungai Kepuh di wilayah Kelurahan Karawang Wetan, Kecamatan Karawang Barat, dengan panjang sungai sekitar 2.000 meter," kata Bupati Karawang, Aep Syaepuloh, di Karawang, Senin.

Ia menyebutkan, bahwa aksi bersih-bersih sungai tersebut digelar sebagai upaya meminimalisasi kemungkinan terjadinya bencana alam banjir di wilayah Kepuh, Kelurahan Karawang Wetan, Karawang.

Baca juga: Puluhan personel TNI-Polri dikerahkan bersihkan Sungai Cipalabuhan di Sukabumi
Baca juga: DLH Bekasi angkut tumpukan sampah sungai antisipasi kekeringan sawah

Disebutkan, bahwa aksi bersih-bersih itu penting karena wilayah Kepuh merupakan salah satu daerah yang rawan banjir saat hujan deras.

"Atas nama pemerintah daerah, kami sangat mengapresiasi kegiatan ini. Mudah-mudahan bisa memberikan manfaat untuk masyarakat," katanya.

Selain melakukan aksi bersih-bersih di wilayah Karawang Barat, dalam upaya meminimalisasi banjir, pihaknya juga melakukan kegiatan penanaman pohon di titik lainnya, yakni di wilayah Kecamatan Telukjambe Barat.

Sementara itu, Kasdam III/Siliwangi Brigjen TNI Aminudin berharap dengan adanya kegiatan bersih-bersih sungai itu, mampu memberikan kesadaran kepada masyarakat untuk bersama-sama menjaga lingkungan.

Baca juga: KemenPUPR melalui Ditjen SDA kampanyekan Gerakan Bersih dan Sehat Bersama Ciliwung

Diharapkan ke depan masyarakat tidak lagi membuang sampah sembarangan. Sebab, banyak kejadian air sungai di wilayah Karawang meluap saat musim hujan akibat sampah yang menumpuk di sungai.

"Masalah sampah ini kompleks. Sehingga diperlukan kerja sama seluruh pihak, baik TNI/Polri, pemerintah daerah dan masyarakat," katanya.

Terkait penanaman pohon, ia menyebutkan bahwa penanaman pohon yang dilakukan pihaknya sebanyak 5.000 pohon di lahan gundul untuk meminimalisasi risiko bencana. 

Pewarta: M.Ali Khumaini

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2024