Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Situbondo, Jawa Timur, berkolaborasi bergerak bersama menanam 1.000 bibit tanaman bakau atau mangrove dalam rangkaian  peringatan HUT Ke-78 Korps Brimob dan HUT Ke-73 Korps Polairud, Kamis.

Penanaman 1.000 bibit tanaman bakau dalam upaya mencegah terjadinya abrasi yang diinisiasi Polres Situbondo, ini difokuskan di kawasan wisata Pantai Cemara, Desa Duwet, Kecamatan Panarukan.

"Penanaman bibit tanaman bakau ini serentak dilaksanakan Polda dan Polres jajaran dalam rangka memperingati HUT Ke-78 Korps Brimob dan HUT Ke-73 Korps Kepolisian Air dan Udara (Polairud)," ujar Kapolres Situbondo AKBP Dwi Sumrahadi Rakhmanto di sela penanaman mangrove.

Baca juga: Ditpolair Polda NTT tanam mangrove di kawasan wisata pantai Oesapa

Harapannya melalui penanaman mangrove ini, lanjut Kapolres, selain untuk mencegah terjadinya abrasi di kawasan wisata Pantai Cemara itu juga upaya mencegah terjadinya pemanasan global akibat perubahan iklim.

Menurut AKBP Dwi Sumrahadi R, penanaman bibit bakau ini juga diharapkan memberikan contoh dan meningkatkan kesadaran masyarakat khususnya di kawasan pesisir untuk berpartisipasi menjaga kelestarian lingkungan.

"Tentunya dengan menjaga secara bersama-sama, maka lingkungan akan lestari dan bermanfaat bagi generasi selanjutnya," katanya.

Baca juga: Polres Jepara bersama masyarakat tanam ratusan bibit mangrove untuk cegah abrasi

Kapolres menambahkan, untuk pemeliharaan tanaman bakau di kawasan wisata Pantai Cemara itu, Polres Situbondo bekerja sama dengan masyarakat dan relawan Yayasan Gajah Sumatera (Yagasu) yang fokus merestorasi lahan krisis seperti di kawasan pesisir.

"Perawatan atau pemeliharaan tanaman mangrove yang kami tanam hari ini bekerja sama dengan Yayasan Gajah Sumatera, hingga mangrove benar-benar hidup dan berfungsi dengan baik," katanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Situbondo Ahmad Yulianto mengapresiasi Polres Situbondo melaksanakan kegiatan penanaman mangrove untuk kelestarian lingkungan.

Baca juga: Polda Sultra bersama insan pers tanam 1.000 pohon mangrove di kawasan Teluk Kendari

"Mangrove ini kan fungsinya mencegah abrasi, pengikisan pantai yang diakibatkan arus laut dan bisa merusak garis pantai termasuk pemanasan global juga," katanya.

Dari pantauan, penanaman 1.000 bibit mangrove di Pantai Cemara selain dihadiri Forkopimda juga seratusan personel kepolisian, termasuk personel Korps Brimob Polda Jatim dan masing-masing dari satuan Polres Situbondo.

Pewarta: Novi Husdinariyanto

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2023