Pada tanggal 11 November 2023, PSM IPB Agria Swara, di bawah kepemimpinan pengaba Arvin Zeinullah, membanggakan Indonesia dengan meraih predikat Grand Prix sebagai
Juara Umum Kompetisi dalam The 34th Praga Cantat International Choir Competition and Festival di National House Na Vinohradech, Praha, Republik Ceko.

PSM IPB Agria Swara tidak hanya meraih Juara Umum, tetapi juga memborong sejumlah penghargaan bergengsi di berbagai kategori. Mereka dinobatkan sebagai Winner of Mixed
Choir Category, meraih Gold Medal di Mixed Choir dan Folklore Category, serta mendapatkan Special Prizes atas penampilan luar biasa dalam membawakan komposisi "Malin" karya Bagus Satrio Utomo.

Penghargaan khusus juga diberikan kepada Vinisa Auliriyani Bellaputri untuk solo terbaik dalam komposisi yang sama.

Kompetisi ini diikuti oleh tujuh negara, termasuk Indonesia.

Baca juga: Githaprasa, meriahnya konser calon anggota baru Agria Swara IPB

PSM IPB Agria Swara dalam kompetisi ini melibatkan 40 penyanyi, pengaba, tim dokumentasi, dan official yang tergabung dalam tim "The 9th IMAC (International Mission in Art and Culture)”.

PSM IPB Agria Swara berpartisipasi dalam dua kategori, yaitu mixed choir dan folklore, serta berhasil memukau para juri dengan lagu-lagu dalam berbagai bahasa, termasuk Jerman, Latin, Ceko, dan Bahasa Indonesia.

Dalam konferensi pers, Arvin Zeinullah menyatakan, "Prestasi ini adalah hasil dari kerja keras lintas angkatan dan keberagaman tim kami. Kami tidak hanya tim, tapi keluarga yang
kuat."

Baca juga: PSM IPB Agria Swara persembahkan 4 lagu di hadapan Presiden RI di Hari Lahirnya Pancasila

Duta Besar Ceko turut mengucapkan selamat, mengapresiasi perjuangan Agria Swara, dan menyatakan kebanggaannya atas representasi budaya Indonesia.

"Prestasi ini memperkaya hubungan antara Indonesia dan Republik Ceko melalui seni dan budaya," ujarnya.

Sementara itu, Sekarini Aksobya, ketua delegasi, berharap Agria Swara tetap menjadi sumber daya manusia yang tangguh di semua situasi dan terus meraih prestasi gemilang di
masa depan.

Baca juga: PSM IPB agria swara raih juara I kategori mixed choir di Swiss

Tim The 9th IMAC PSM IPB Agria Swara akan melanjutkan pencapaiannya dengan menggelar konser budaya di BORG Guntramsdorf, Austria, dan di Weltmuseum, Wina, Austria pada tanggal 14 November 2023.

Mereka akan mempersembahkan ragam lagu daerah Indonesia dengan mengenakan pakaian adat dari berbagai suku.

Agria Swara membuktikan bahwa kekayaan budaya Indonesia dapat menjadi daya tarik dunia melalui seni vokal yang memukau dan prestasi luar biasa di panggung internasional.

Pewarta: Rilis

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2023