Dinas Kesehatan Kota Sukabumi memberikan pelatihan tentang keamanan pangan kepada puluhan pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) di daerah setempat.

"Pelatihan digelar Dinkes Kota Sukabumi diikuti 30 pelaku UMKM khususnya yang bergerak pada usaha makanan dan minuman," kata Penjabat Wali Kota Kusmana Hartadi di Sukabumi, Kamis.

Menurut Kusmana, tujuan digelarnya pelatihan ini merupakan bentuk dukungan Pemkot Sukabumi dalam pengembangan UMKM agar produk yang dihasilkan memiliki daya saing dan dapat dipasarkan ke berbagai daerah dan tentunya diharapkan hingga ke mancanegara.

Baca juga: Sukabumi permudah pemberian izin usaha untuk mendukung peningkatan investasi
Baca juga: Kodim 0622 promosikan produk UMKM Kabupaten Sukabumi
Baca juga: Dispar pamerkan produk UMKM dan wisata unggulan di stan Sukabumi Expo

Dengan adanya pelatihan ini pihaknya berharap bisa meningkatkan daya saing produk UMKM Kota Sukabumi terutama di sektor makanan. Sebab pelaku UMKM selain harus memiliki Nomor Induk Berusaha (NIB), produk pangan yang dihasilkan juga harus memiliki sertifikat Pangan Industri Rumah Tangga (PIRT).

Sementara, Kepala Bidang Layanan Kesehatan Dinkes Kota Sukabumi Banyu Citra Anggara menambahkan kegiatan pelatihan sekaligus penyuluhan, pihaknya bekerjasama dengan Dinas Koperasi, Usaha Mikro, Perindustrian dan Perdagangan (Diskumindag)

Di mana dalam acara tersebut puluhan pelaku UMKM diberikan berbagai edukasi mengenai pengolahan pangan agar layak untuk diperjualbelikan dan dikonsumsi. Peserta pun diberi pengetahuan tentang pentingnya memiliki sertifikat PIRT agar bisa dipasarkan lebih luas ataupun melalui lokapasar (marketplace).

Pewarta: Aditia Aulia Rohman

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2023