Sebanyak kurang lebih 500 warga Desa Palasari Kecamatan Ciater Kabupaten Subang yang terdiri dari tiga Kampung  yakni Babakan Waru, Sukamaju dan Cigintung yang mengalami kesulitan air bersih, memperoleh bantuan penyaluran air bersih dari Samsat Subang pada Senin (16/10).
    
Masalah kekurangan air bersih di desa Palasari sudah berjalan sejak 3 bulan lalu karena kemarau panjang sebagai akibat fenomena El Nino.

Kepala Pusat Pengelolaan Pendapatan Daerah Wilayah Kabupaten Subang (Samsat Subang) Lovita Adriana Rosa, dalam kesempatan tersebut mengatakan, bantuan air bersih merupakan wujud kepedulian Bapenda Jabar melalui Samsat Subang terhadap warga masyarakat yang mengalami kesulitan air bersih.

Baca juga: BPBD Subang: Lima kecamatan masih dilanda krisis air bersih
Baca juga: Pemkab Subang terus distribusikan air bersih ke sejumlah daerah kekeringan

Bantuan ini berasal dari keluarga besar Samsat Subang yang terdiri dari P3DW Subang, mitra kepolisian, bank bjb dan Jasa Raharja untuk membantu warga masyarakat Palasari.
    
Penyaluran bantuan air bersih dari Samsat Subang kepada kurang lebih 500 warga Desa Palasari Kecamatan Ciater Kabupaten Subang, pada Senin (16/10). (Foto Antara/Samsat Subang).

“Kami mengirimkan 5 tangki air bersih untuk 500 kepala keluarga, sebagai bentuk kepedulian kami dengan harapan  kegiatan ini dapat meringankan beban masyarakat Desa Palasari yang kesulitan mendapatkan air bersih. Semoga bantuan air bersih tersebut bisa digunakan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari,” ujar Lovita.
    
Sementara itu, Kepala Desa Palasari melalui Sekretaris Desa, Maman,  menyampaikan ucapan terima kasih atas bantuan yang diberikan.

Baca juga: Sawah Di Empat Kecamatan Subang Terancam Kekeringan

Menurutnya bantuan tersebut sangat bermanfaat bagi masyarakat, diakibatkan kekeringan yang menyebabkan sumber mata air maupun air sumur tidak bisa digunakan untuk konsumsi dan hanya digunakan sebatas keperluan Mandi, Cuci, Kakus (MCK).

“Saat ini warga hanya mengandalkan sumur yang berada di luar rumah untuk digunakan para warga namun airnya semakin surut. Oleh karenanya dengan bantuan ini kami sangat berterimakasih kepada pihak keluarga besar Samsat Subang yang sudah memberikan bantuan air bersih sebanyak 5 tangki untuk memenuhi kebutuhan warga 3 kampung di Desa Palasari,” pungkasnya.

Pewarta: Rilis

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2023