Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Bogor, Jawa Barat, mengajak anggota TNI memperkuat netralitas serta menjaga pertahanan dan keamanan (hankam) menjelang pemilihan umum (pemilu) 14 Februari 2024 dan pemilihan kepala daerah (Pilkada) pada akhir tahun 2024.

Ketua KPU Kota Bogor Samsudin usai rapat koordinasi pertahankan dan keamanan dengan jajaran TNI di Bogor, Kamis, menyampaikan bahwa peran TNI sangat strategis dalam menyukseskan Pemilu 2024.

"Tingginya kepercayaan masyarakat terhadap TNI adalah modal luar biasa, dan rakyat melihat TNI benar-benar bekerja untuk menjaga NKRI," ungkapnya.

Baca juga: KPU Kota Bogor gencarkan koordinasi Kamtibmas jelang Pemilu 2024

Selain itu, kata Samsudin, kesolidan prajurit TNI dari tingkat pusat hingga tingkat desa/kelurahan menjadi kekuatan dahsyat dalam mengawal demokrasi.

"saya optimis sinergitas KPU dan TNI adalah kunci sukses pelaksanaan pemilu dan pilkada serentak tahun 2024," ujar Samsudin.

Dalam rapat koordinasi hankam ini, KPU menghadirkan jajaran Komando Rayon Militer (Koramil) di enam kecamatan dan Bintara pembina desa (Babinsa) 68 kelurahan yang ada di Kota Bogor.

Samsudin menuturkan, kegiatan ini sebagai upaya KPU Kota Bogor untuk terus bergerak sejalan dengan semua lapisan masyarakat pada waktu pelaksanaan Pemilu 2024 yang semakin dekat.

Baca juga: KPU Kota Bogor umumkan 762 nama masuk DCS DPRD

Dandim 0606 Kota Bogor Kolonel Infanteri Fikri Ferdian mengingatkan jajarannya untuk tegak lurus melaksanakan perintah Panglima TNI bahwa prajurit TNI tidak mempunyai hak untuk memilih dan dipilih.

"Saya minta semua jajaran TNI aktif untuk tidak ambil bagian membantu pemenangan peserta pemilu, TNI netral," ujarnya.

Fikri menegaskan bahwa prajurit TNI diinstruksikan untuk menjaga lisan dan terutama jarinya di media sosial. "Jangan sampai karena komentar atau bahkan suka di media sosial membawa ke dalam masalah," ujarnya.

Baca juga: Pengumuman DCS anggota DPRD Kota Bogor pada pemilu 2024, berikut daftarnya

Kepala kantor Kesatuan Bangsa dan Politik Kota Bogor Dadang Sugiarta menyampaikan apresiasi kepada Kodim 0606, Koramil, hingga Babinsa se-Kota Bogor.

"Kami ucapkan terima kasih kepada jajaran TNI karena bekerja keras menjaga keamanan, sehingga Kota Bogor teguh terjaga dalam menghadapi ancaman, gangguan, dan rongrongan." Kata Dadang.

Menurut dia, loyalitas yang tinggi dalam melaksanakan tugas membuat Babinsa menjadi dekat dengan rakyat.

"Saya menyaksikan langsung bahwa Babinsa selalu hadir di tengah masyarakat," ujarnya.
 

Pewarta: Linna Susanti

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2023