Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) mendukung Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Karawang, Jawa Barat menjadi pusat layanan unggulan ibu dan anak, khususnya pelayanan Keluarga Berencana (KB).

Hal itu dilakukan dengan mengusulkan pra-pelatihan dan pendidikan tenaga kesehatan.
 
"Selama ini yang saya ingin jalankan itu adalah pra-pelatihan kepada tenaga medis, dan RSUD Karawang sudah ada kerja sama dengan koas (koasisten atau dokter muda) dari universitas, sehingga mahasiswa bisa diberdayakan mengajar materi, dan BKKBN menyediakan alat-alat kontrasepsinya," kata Kepala BKKBN Hasto Wardoyo.

Baca juga: Disnakertrans Karawang minta pencari kerja laporkan jika jadi korban calo
 
Menurut dia, perguruan tinggi yang telah bekerja sama dengan RSUD Kabupaten Karawang bisa mengadakan pelatihan tentang KB dan kontrasepsi agar menjadi bekal untuk berpraktik di RSUD setempat.
 
“Kalau antara perguruan tinggi, rumah sakit, dengan BKKBN, maka biar perguruan tinggilah yang berkiprah mengadakan pelatihan dan sebagainya, tetapi praktiknya di rumah sakit, akseptornya kami yang akan suplai. Jawa Barat banyak yang menggunakan Metode Operasi Wanita (MOW), sehingga rumah sakit juga bisa diturunkan untuk pelayanan MOW," ujar dia. 

Baca juga: Dewas RSUD Subang dorong jajaran direksi bangun citra positif
 
Pelaksana Tugas Direktur RSUD Kabupaten Karawang dr. Fitra Hergyana menyatakan RSUD Karawang kini memang sudah jadi pusat layanan unggulan ibu dan anak di Jawa Barat.

Saat ini RSUD Karawang sudah menjalin kerja sama pendidikan dengan Universitas Indonesia Depok, Universitas Padjajaran Bandung, dan Universitas Trisakti Jakarta.
 
RSUD Kabupaten Karawang merupakan rumah sakit tipe B pendidikan yang berdiri di lahan seluas 6,8 hektare dengan 503 tempat tidur, dan layanan unggulan bidang kandungan atau obgyn.
   

 
Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: BKKBN dukung RSUD Karawang jadi pusat layanan unggulan ibu dan anak

Pewarta: Lintang Budiyanti Prameswari

Editor : M.Ali Khumaini


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2023