Pemerintah Kabupaten Bogor, Jawa Barat, memperingati Hari Otonomi Daerah ke-27 melalui upacara di Kompleks Pemerintah Daerah, Cibinong, Kabupaten Bogor, Rabu.

Pelaksana tugas (Plt) Bupati Bogor Iwan Setiawan yang memimpin jalannya upacara menegaskan kepada seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) untuk menjadikan peringatan tersebut sebagai momentum memperkuat koordinasi, agar penyelenggaraan sistem otonomi daerah semakin efektif.

"Sinergi dan kolaborasi agar penyelenggaraan sistem otonomi daerah semakin efektif untuk Indonesia yang semakin maju dan masyarakat lebih sejahtera," ungkap Iwan.

Ia menjelaskan, Hari Otonomi Daerah diperingati setiap tahun untuk membangkitkan kesadaran dan mengobarkan semangat, khususnya bagi para penyelenggara pemerintahan.

"Perjuangkan bersama untuk mewujudkan tata kelola pemerintahan yang lebih baik, efektif dan efisien di tingkat daerah," ujarnya.

Iwan menerangkan bahwa kondisi geografis dan keanekaragaman budaya bangsa Indonesia menjadi alasan utama pentingnya memberikan kesempatan kepada setiap daerah untuk mengelola dan mengembangkan potensi daerahnya masing-masing.

"Melalui sistem pemerintahan otonomi daerah agar pengambilan keputusan lebih efektif dan tepat sasaran, budaya dan kearifan lokal terpelihara," kata Iwan.

Kemudian, kata dia, melalui sistem itu partisipasi masyarakat meningkat, pelayanan publik semakin prima, serta mendorong pembangunan daerah yang adil, merata, dan berkelanjutan.

Baca juga: Pemkab Bogor gelar rakor kebencanaan di hari kerja pertama usai Lebaran

Baca juga: Plt Bupati Bogor minta para kades maklum lambatnya pencairan ADD 2023


 

Pewarta: M Fikri Setiawan

Editor : Budi Setiawanto


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2023