PT Pupuk Kujang memaksimalkan pengiriman pupuk ke berbagai daerah sebelum diberlakukannya pembatasan operasional truk di jalan tol pada musim mudik Lebaran.

"Pupuk Kujang selaku anak perusahaan Pupuk Indonesia (Persero) terus menjaga stok pupuk di seluruh wilayah distribusi," kata Muhammad Ihsan, VP Distribusi Jabar-Banten PT Pupuk Kujang, di Karawang, Jawa Barat, Jumat.

Termasuk saat memasuki musim libur Lebaran, ketika muncul pembatasan operasional truk barang di jalan tol, Pupuk Kujang berupaya menjaga stok tersebut.

Disebutkan, pihaknya telah melakukan sejumlah strategi untuk menjaga stok tersebut. Di antaranya ialah dengan menggenjot pengiriman pupuk ke berbagai daerah sebelum pembatasan operasional truk di jalan tol diberlakukan.

Baca juga: Pupuk Kujang siapkan hampir 100.000 ton pupuk bersubsidi jelang musim tanam
Baca juga: Pupuk Kujang salurkan pupuk subsidi tepat waktu ke Cianjur

“Pengiriman kita maksimalkan sejak awal Ramadan, sebelum terjadi pembatasan operasi truk barang di jalan tol,” kata Ihsan

Selain itu, pihaknya juga menambah jumlah armada hingga 12 persen dan meningkatkan intensitas pengiriman pupuk sebelum aturan pembatasan truk barang di jalan tol berlaku.

“Dengan cara tersebut, pupuk bisa sampai di gudang lini 3 yang tersebar di berbagai wilayah tepat waktu. Sekaligus menjaga stok di berbagai daerah di musim tanam April-September ini dan bisa segera ditebus petani yang berhak,” kata Ihsan.

Pupuk Kujang juga telah menyiapkan stok pupuk bersubsidi di wilayah Jawa Barat sebanyak 85.272 ton. Hingga 13 April 2023, stok tersebut terdiri dari urea sebanyak 51.557,5 ton atau 213 persen dari stok minimum. Adapun pupuk NPK mencapai 33.715 ton atau 248 persen dari stok minimum yang ditugaskan pemerintah.

Baca juga: PT Pupuk Kujang salurkan sekitar 800 ribu pupuk subsidi di Jabar sepanjang 2022

"Stok pupuk tersebut sesuai dengan ketentuan minimum yang diatur pemerintah dan sangat cukup untuk memenuhi kebutuhan petani hingga akhir libur lebaran,” ujar VP Komunikasi Perusahaan Pupuk Kujang, Andi Komara.

Seluruh pupuk subsidi ini merupakan hak petani yang telah memenuhi persyaratan yang diatur dalam Permentan nomor 10 tahun 2022.

Dinas Perhubungan Jabar memberlakukan pembatasan angkutan barang mulai 18 -21 April saat arus mudik dan arus balik mulai 24-26 April di jalur mudik wilayah Jawa Barat.

Pewarta: M.Ali Khumaini

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2023