Bogor (Antara Megapolitan) - Pemerintah Kabupaten Bogor, Jawa Barat memberikan perhatian khusus pada sektor perikanan di Kecamatan Ciseeng agar menjadi salah satu ciri kabupaten termaju di Indonesia.

"Ciseeng memiliki potensi di sektor perikanan, ada sentra benih ikan hias, dan air tawar paling tinggi," kata Bupati Bogor Nurhayanti dalam kegiatan Rebo Keliling (Boling-red) di Kecamatan Ciseeng, Rabu.

Ia mengatakan, Pemerintah Kabupaten Bogor dengan sangat serius akan memberikan dukungan pada perkembangan sektor perikanan di Kecamatan Ciseeng, melalui kegiatan penyuluhan kepada para peternak ikan, agar mampu menghasilkan benih yang berkualitas.

"Kita juga akan mensubsidi harga pakan dan juga lahan untuk pengembangan bibit ikan hias dan air tawar," katanya.

Nurhayanti juga meminta Camat setempat untuk ikut mendukung program tersebut dengan melakukan inventarisasi para pelaku usaha ikan hias dan ikan air tawar yang membutuhkan akses finansial atau dukungan modal.

"Perlu dilakukan inventarisasi pelaku usaha yang butuh modal dengan memprioritaskan mana yang meningkatkan produksi dan mana yang perlu mendapat pembinaan agar semua bantuan tercatat dengan baik," katanya.

Upaya ini, lanjut Nurhayanti, dikarenakan Kecamatan Ciseeng telah menjadi kawasan Minapolitan yang ditetapkan oleh Kementerian Kelautan dan Perikanan melalui Dirjen Perikanan Budidaya.

Tidak hanya sektor perikanan, pada kunjungan Boling tersebut, kondisi pendidikan, kesehatan dan infrastruktur di wilayah Kecamatan Ciseeng juga menjadi perhatian Bupati Bogor.

Menurutnya, Pemkab Bogor telah mengalokasikan anggaran APBD senilai Rp50 miliar untuk Kecamatan Ciseeng diperuntukkan bagi pembangunan pendidikan, sarana kesehatan dan infrastruktur bidang lainnya.

"Pemkab prioritaskan pembangunan infrastruktur di Kecamatan Ciseeng, termasuk sarana prasarana pendidikan, maupun kesehatan," katanya.

Kegiatan Rebon Keliling merupakan program mingguan yang dilaksanakan Pemerintah Kabupaten Bogor bersama jajaran Muspida dalam rangka mengawasi pelaksanaan pembangunan di wilayah, dan memastikan seluruh persoalan masyarakat di wilayah teratasi.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Ketua DPRD Ade Ruhendi dan Kapolres Bogor Kabupaten AKBP A.M Dikcy.

Pewarta: Laily Rahmawati

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2016