Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika mengatakan investasi di daerahnya terus mengalami pertumbuhan setiap tahun dan masuk sebagai salah satu daerah dengan iklim investasi terbaik secara nasional.

"Pertumbuhan investasi di Purwakarta terus mengalami pertumbuhan sejak tahun 2019," kata Bupati Anne di Purwakarta, Rabu.

Menurut dia, Presiden Joko Widodo melalui Kementerian Investasi dan Badan Koordinasi Penanaman Modal telah menempatkan Purwakarta sebagai salah satu kabupaten investasi terbaik ke lima di tingkat nasional.

Baca juga: Realisasi investasi yang masuk ke Purwakarta pada 2022 capai Rp8,78 triliun

Catatan Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Purwakarta, realisasi investasi di Purwakarta pada tahun 2019 mencapai Rp62,7 triliun (tumbuh 11,01 persen).

Kemudian pada tahun 2020 mencapai Rp69,7 triliun (tumbuh 11,12 persen), dan sebesar Rp74,4 triliun capaian investasi di Purwakarta pada tahun 2021 atau tumbuh 6,78 persen.

Untuk sektor investasi yang masuk ke Purwakarta pada tahun 2022 meliputi Penanaman Modal Asing (PMA) sebesar 72,52 persen dan Penanaman Modal Dalam Negeri (PMDN) sebesar 47,50 persen.

"Di tahun-tahun selanjutnya investasi yang masuk ke Purwakarta akan terus bertambah, karena daya tariknya yang tinggi, dengan di dukung oleh fasilitas yang memadai, serta lokasinya yang sangat strategis, dan di dukung dengan politik dan keamanan yang stabil," katanya.

Baca juga: Realisasi investasi Purwakarta capai Rp8,78 triliun pada 2022

Ia menyebutkan, pertumbuhan investasi di Purwakarta berdampak pada menurunnya jumlah pengangguran setiap tahun, dan lonjakan pertumbuhan sektor ekonomi.

"Tahun 2021 pengangguran terbuka di Purwakarta sebanyak sebesar 10,7 persen, dan tahun 2022 turun menjadi 8,75 persen," kata dia.

Anne mengatakan kalau lonjakan pertumbuhan sektor ekonomi mengalami peningkatan signifikan. Baru-baru ini Badan Pusat Statistik (BPS) merilis pertumbuhan ekonomi Purwakarta sebesar pada tahun 2022 menjadi 5,24 persen dari tahun sebelumnya sebesar 3,42 persen.

"Dari data BPS, pertumbuhan ekonomi kita melonjak lebih dari 50 persen. Tahun depan pertumbuhan perekonomian di Purwakarta harus lebih besar," kata dia.

Baca juga: Pemkab Purwakarta targetkan investasi mencapai Rp6,8 triliun pada 2023

Disampaikan pula kalau sektor Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) pada tahun-tahun mendatang harus lebih berkembang dari tahun sebelumnya, mengingat UMKM sangat bersentuhan langsung dengan masyarakat.

"UMKM merupakan tulang punggung perekonomian masyarakat. Apabila UMKM kita kuat, perekonomian kita pun jauh lebih kuat," kata dia.  

Pewarta: M.Ali Khumaini

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2023