Pelaksana tugas (Plt) Bupati Bogor, Iwan Setiawan meresmikan sejumlah infrastruktur desa yang dibiayai menggunakan APBD saat melakukan kegiatan Bogor Keliling (Boling) di Kecamatan Dramaga, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Rabu.

Infrastruktur yang diresmikan yaitu mulai dari Puskesmas Cangkurawok di Desa Cikarawang, hingga jalan hasil program Satu Miliar Satu Desa atau Samisade di Desa Neglasari.

"Saya hadir di sini juga ingin melihat secara langsung pembangunan yang sudah dilaksanakan, melihat lingkungan, dan melihat prioritas mana yang mungkin jadi potensi di sini," kata Iwan usai peresmian.

Baca juga: Bupati Bogor resmikan jalan di Kawasan Puncak hasil program Samisade (video)

Ia menjelaskan, ketika infrastruktur desa sudah terbangun dengan baik, selanjutnya Pemerintah Kabupaten Bogor meramu kebijakan agar program Samisade juga dapat digunakan untuk pembangunan infrastruktur lainnya, salah satunya revitalisasi gedung kantor desa.

Di samping itu, Iwan memastikan kehadirannya di Dramaga untuk menyerap aspirasi masyarakat agar masuk dalam program prioritas Pemerintah Kabupaten Bogor.

“Saya berharap masyarakat dapat merasakan manfaat kehadiran kami, yang datang ke wilayahnya. Jadi saya ke sini bukan hanya bersilaturahmi dengan masyarakat, namun bagaimana aspirasi masyarakat bisa terserap dan jadi prioritas di kegiatan Boling ini,” ujarnya.

Baca juga: Ketua DPD: Pembangunan infrastruktur desa tak boleh dilupakan

Menurut dia, Dramaga secara kewilayahan terbilang unik, karena sebagiannya merupakan perkotaan karena berbatasan dengan Kota Bogor. Namun, sebagiannya merupakan wilayah pertanian, sehingga perlu strategi khusus untuk memaksimalkan potensi yang ada.

“Kami berupaya meningkatkan jalur wisata dan jalur-jalur penghubung antar desa dan kecamatan. Untuk mengatasi kemacetan, saya lihat sudah ada jalur-jalur alternatif, jembatannya sudah dibangun tinggal ke depan dilakukan pelebaran jalan,” tutur Iwan.

Sementara, Camat Dramaga, Tenny Ramdhani di tempat yang sama mengaku akan meningkatkan pelayanan kesehatan dari infrastruktur berupa puskesmas yang baru diresmikan Iwan Setiawan.

Baca juga: Pemkab Bogor alokasikan Rp1,2 triliun untuk infrastruktur pada 2023

“Melalui perjalanan panjang, Alhamdulillah tahun 2021 bisa dilaksanakan pembangunan gedung Puskesmas Cangkurawok, dan sudah bisa difungsikan sejak bulan April 2022 sampai sekarang,” tambah Tenny.(KR-MFS)

Pewarta: M Fikri Setiawan

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2023