Puluhan personel Polres Sukabumi dikerahkan ke lokasi banjir di Kecamatan Purabaya, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat untuk membantu mempercepat proses penanggulangan bencana dan meminimalisasi dampaknya.

"Kami memberangkatkan personel Samapta Polres Sukabumi untuk bergabung dengan tim lainnya di lokasi dalam upaya penanganan bencana banjir di Kecamatan Purabaya," kata Kapolres Sukabumi AKBP Dedy Dharmawansyah di Sukabumi, Sabtu.

Saat ini, personel Polri bersama TNI, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Sukabumi dan unsur relawan lainnya masih melakukan penyisiran ke sejumlah lokasi dan membantu membersihkan permukiman warga yang masih digenangi oleh air dan lumpur sisa banjir.

Baca juga: Antisipasi banjir PMI dan BPBD Kabupaten Sukabumi normalisasi sungai Cibeber
Baca juga: BPBD: Bencana landa 22 wilayah di Kota Sukabumi

Pengerahan personel ke lokasi bencana ini juga untuk memberikan pengamanan kepada masyarakat karena dampak dari bencana ini sejumlah warga mengungsi dan meninggalkan rumah serta harta bendanya.

Maka dari itu, pihaknya melakukan antisipasi adanya oknum yang memanfaatkan bencana ini untuk kepentingan pribadi seperti melakukan pencurian atau penjarahan.

Kapolsek Purabaya AKP Iwan Kusmawan mengatakan pihaknya sudah mengevakuasi puluhan warga di Pasar Purabaya dan Kampung Tengah, Desa Purabaya yang terdampak terdampak banjir.

Dia mengatakan banjir ini dipicu oleh turunnya hujan deras yang hampir sepanjang hari sehingga debit air Sungai Cibening meningkat yang akhirnya meluap serta merendam sekitar 77 rumah seperti di Kampung Lemburtengah. Kemungkinan jumlah rumah yang terdampak akan bertambah.

Baca juga: Banjir dan longsor terjang tiga titik di Cicurug Kabupaten Sukabumi

Banjir juga memutus jalur Jalan Raya Purabaya di sekitar Pasar Purabaya, sehingga kendaraan yang akan menuju ke Kota Sukabumi dialihkan sementara melalui jalur alternatif ke Kampung Cisarua.

"Pada peristiwa bencana banjir tersebut tidak ada korban jiwa dan untuk kerugian materi, saat ini masih dalam pendataan," katanya.

Pewarta: Aditia Aulia Rohman

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2022