Pemerintah Kota Depok, Jawa Barat telah menyalurkan bantuan berupa program Kartu Depok Sejahtera (KDS) kepada masyarakat dengan tujuh manfaat untuk meringankan beban mereka dari kalangan kurang mampu itu.

Wali Kota Depok Mohammad Idris di Depok, Kamis, mengatakan KDS merupakan realisasi dari janji kampanye Mohammad Idris-Imam Budi hartono periode 2021-2026.

Ia menyebutkan tujuh manfaat yang dapat diterima oleh penerima KDS, yakni pelayanan kesehatan gratis melalui bantuan iuran Penerima Bantuan Iuran (PBI) APBD Depok, bantuan pendidikan bagi siswa dan mahasiswa yang berprestasi, renovasi rumah tidak layak huni (RTLH), bantuan santunan kematian (Sankem).

Baca juga: Warga Depok rasakan manfaat program Kartu Depok Sejahtera

Selain itu, bantuan ketersediaan pangan, bantuan untuk para lansia dan penyandang disabilitas, serta bantuan pelatihan keterampilan dan penyaluran kerja.

"Bantuan sosial untuk masyarakat yang kurang dan tidak mampu, khususnya mereka yang terdaftar dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS), yang penetapannya dari Kemensos RI," kata Idris.

Ia menambahkan pelaksanaan program ini kolaborasi dengan BJB Depok, utamanya dalam penggunaan KDS sebagai ATM berbasis KK dan ATM untuk bantuan peserta didik tidak mampu.

"Harapannya program KDS ini dapat meringankan beban masyarakat di Kota Depok dan kesejahteraan masyarakat dapat meningkat sehingga KDS dapat dimanfaatkan oleh warga yang lainnya," tuturnya.

Baca juga: Program KDS untuk jangkau warga miskin tidak dapat PKH dari pemerintah pusat

Ia menjelaskan melalui KDS warga Depok yang kurang dapat merasakan kehidupan yang layak.

"Pelaksanaan KDS pun berkolaborasi dengan pemangku kepentingan lainnya, seperti Baznas dan Lembaga Zakat Sukses Kota Depok," ujarnya.

Ia mengharapkan tingkat kesejahteraan warga semakin baik, khususnya di tengah masa sulitnya kehidupan pada masa pandemi dan pascapandemi.

Wakil Wali Kota Depok Imam Budi Hartono menambahkan program KDS terdapat sejumlah manfaat lainnya yang bisa didapatkan oleh masyarakat.

"Ada manfaat lain di dalam KDS ini untuk penerima upah, selain bantuan utama sebesar Rp150 ribu setiap bulannya," katanya.

Baca juga: Program KDS berikan tujuh manfaat lain bagi warga Depok

Ia berharap, dengan kehadiran program tersebut, dapat membantu warga yang membutuhkan.

"Harapannya program KDS ini dapat meringankan beban masyarakat di Kota Depok dan kesejahteraan masyarakat dapat meningkat sehingga KDS dapat dimanfaatkan oleh warga yang lainnya," demikian Imam.

Pewarta: Feru Lantara

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2022