Bogor, 14/6 (ANTARA) - Pelaksanaan kegiatan "Ngubek Setu" dalam rangka memperingati Hari Jadi Bogor ke-530 yang awalnya akan diselenggarakan Minggu (24/6), akan dipercepat satu hari menjadi Sabtu mendatang.

"Karena ada permintaan dari Gubernur Jawa Barat, pelaksanaan kegiatan Ngubek Setu dipercepat dari jadwal sebelumnya," kata Ketua Lembaga Pemasyarakafan (LPM) Kelurahan Situ Gede selaku ketua penyelenggara, Umar Sanusi, di Bogor, Kamis.

Sanusi mengatakan, perubahan jadwal kegiatan dilakukan atas permintaan Gubernur Jawa Barat yang pada hari Minggu tidak dapat hadir karena harus berada di tempat lain.

Dijelaskannya, karena kegiatan Ngubek Setu yang dipusatkan di Situ Gede yang masuk dalam salah satu program Gubernur Saba Lembur, maka kehadiran Gubernur sangat diharapkan.

"Pak Gubernur akan hadir di acara ngubek setu siang harinya, dan malamnya hadir dalam acara pergelaran wayang golek Asep Sunandar Sunarya di lapangan Situ Gede dalam program Gubernur Saba Lembur," katanya.

Lebih lanjut Sanusi mengatakan, pelaksanaan Ngubek Setu mendapat dukungan penuh Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan. Dalam kegiatan tersebut Gubernur memberikan bantuan 2 ton ikan yang akan ditebar menjelang pelaksanaan acara.  ¿
"Ikan-ikan yang akan ditebar di Situ Gede terdiri dari berbagai jenis, ikan inilah yang akan ditangkap secara beramai-ramai oleh pesertta ngubek setu," katanya.

Dijelaskannya, perhelatan akbar ngubek setu merupakan salah satu tradisi masyarakat Bogor khususnya warga sekitar Situ Gede. Kegigan Ngubek Setu diselenggarakan setiap tahun dalam rangka menyambut datangnya bulan Ramadhan.

Untuk menjaga kelestarian budaya masyarakat setempat, LPM Kelurahan Situ Gede mengajukan pelaksanaan kegiatan ngubek setu menjadi salah satu rangkaian acara memperingati HJB.

"Ini merupakan pertama kalinya, kegiatan ngubek setu masuk dalam rangkaian perayaan HJB," katanya.

Sanusi memastikan, kegiatan ngubek setu kali ini akan meriah, ratusan masyarakat tidak hanya dari situ gede, tapi dari sejumlah daerah lainnya di sekitar Bogor akan beramai-ramai menangkap ikan di area situ gede.

Dikatakannya, saat ini pihaknya terus melakukan persiapan pelaksanaan kegiatan ngubek setu. Saat ini sejumlah warga Situ Gede mulai menyiapkan rakit yang terbuat dari bambu.

Rakit dibuat oleh warga secara bergotong royong untuk para peserta ngubek setu. Sekitar 100 rakit dibutuhkan untuk para penangkap ikan. Rakit tersebut terbuat dari bambu sepanjang antara 4 sampai 5 meter dengan lebar antara 1 meter hingga 1,5 meter.

"Segala kebutuhan untuk mendukung acara tersebut telah kita siapkan termasuk tim medis bantuan dari Dinas Kesehatan, dan tim SAR. Tim SAR perlu kita siap untuk menjaga hal-hal yang tidak diinginkan," katanya.

Sanusi mengatakan, ngubek setu terbuka untuk umum. Para peserta yang ingin mengikuti kegiatan tersebut dapat mendaftarkan diri ke Sekretariat Panitia di Kantor Kelurahan Situ Gede.

Untuk peserta yang ikut ada dua tiket pendaftaran, yakni tiket seharga  Rp75.000 yakni menangkap ikan dengan menggunakan jala, dan tiket seharga Rp30.000 untuk menangkap ikan dengan cara ngorobik atau tanpa jala.  
 


Laily R

Pewarta:

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2012