Lomba masak "Koki Kampung" sukses digelar selama tiga hari pada 28, 29, dan 31 Maret 2022, di Balai Condet, Gedung Kesenian Condet, Jalan Balai Rakyat Balekambang, Jakarta Timur, untuk menyambut Ramadhan dan melestarikan budaya Betawi.

Hadir pada kegiatan tersebut, Fajar Alam sebagai pemakrasa juga master chef Siska dan master chef Trendy Wijaya mendampingi duduk di kursi juri.

"Karena temanya masakan legendaris Betawi, jadi kami selaku juri dan para peserta nanti wajib memakai pakaian Betawi di saat lomba," kata Fajar Alam Setiabudi, dalam keterangan tertulisnya, Sabtu.

Lomba memasak dengan moto "Anak Kampung Juga Bisa Masak", memperebutkan sejumlah hadiah menarik, antara lain, booth usaha serta peralatan memasak yang sesuai standar dalam memasak. 

Lomba memasak juga dihadiri Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, Kadis Budaya DKI Jakarta, Iwan Henry Wardhana, Lurah Balekambang Herman Triono SE, dan masih ada tokoh lainnya. 

Dalam sambutannya, Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, mengatakan, masakan adalah sebuah produk yang punya potensi besar dan sangat mudah masuk ke berbagai negara untuk dikembangkan dan dipasarkan.

"Saya berharap, "Koki Kampung" ini bukan hanya sekedar lomba yang hanya mencari juara, tapi dapat membawa karya budaya ke jenjang global," katanya.

Menurut Anies, Jakarta merupakan pintu gerbangnya Indonesia ke dunia global. Diharapkan gagasan ini dijalankan agar dapat mengangkat budaya asli Jakarta atau Betawi terutama bidang kuliner.

Adapun konsep "Koki Kampung" yang diusung Fajar Alam adalah untuk membantu masyarakat dalam menciptakan lapangan pekerjaan baru. Ia juga melibatkan UMKM agar bisa bangkit dan berkembang. 

Dan event lomba memasak "Koki Kampung" yang digagasnya, diharapkan menjadi cikal bakal masyarakat yang mahir memasak, bisa menekuni hobi memasak mereka secara serius dan profesional.

Fajar Alam pernah mengikuti acara Master Chef yang disiarkan RCTI.

Baca juga: Begini gaya festival kuliner Betawi di Jaksel
Baca juga: Gado-gado dan soto betawi laris di Vancouver

Pewarta: Feru Lantara

Editor : Riza Harahap


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2022