Satuan Binmas Polres Sukabumi Kota meningkatkan patroli keliling untuk memantau keberadaan pelajar yang berkeluyuran saat jam pelajaran atau bolos sekolah, guna mengantisipasi tawuran antarpelajar,

"Patroli ini dalam upaya pencegahan sekaligus pengawasan dan pengamanan terkait kondisi keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) di wilayah salah satunya memantau keberadaan pelajar yang diduga bolos sekolah," kata Kasat Binmas Polres Sukabumi Kota AKP Iman Retno di Sukabumi, Jumat.

Menurut Iman, patroli dengan cara berkeliling dan mendatangi lokasi-lokasi yang disinyalir menjadi tempat berkumpul atau nongkrong pelajar, jika ada pelajar yang kedapatan nongkrong di saat jam pelajar atau bolos sekolah maka pihaknya akan langsung mengamankannya untuk dilakukan pembinaan.

Kemudian, para oknum pelajar yang terciduk bolos sekolah harus membuat surat pernyataan tidak mengulang kesalahannya kembali yang diketahui gurunya maupun orang tuanya dan setelah itu dikembalikan lagi kepada pihak sekolah untuk melanjutkan pembelajaran tatap muka.

Hasil patroli pelajar bolos sekolah, personel Satbinmas Polres Sukabumi Kota berhasil mengamankan tujuh oknum pelajar tingkat SMA sederajat yang kedapatan nongkrong di Lapang Merdeka Kota Sukabumi saat jam pelajar berlangsung.

"Patroli pelajar ini berlangsung dari pukul 08.00 WIB hingga 10.00 WIB, pengawasan terhadap pelajar yang berkeluyuran di jam sekolah ini untuk mendisiplinkan mereka sekaligus mencegah terjadinya tawuran," tambahnya.

Iman mengatakan patroli seperti rutin dilakukan pihaknya untuk menjaga kondusifitas wilayah hukum Polres Sukabumi Kota. Ia pun mengimbau kepada orang tuanya agar ikut memantau aktivitas anaknya selama di luar rumah serta selalu memastikan anaknya yang berangkat sekolah masuk sekolah atau malah membolos. 

Tidak kalah penting, baik orang tua maupun pihak sekolah agar selalu mendisiplinkan anak-anaknya untuk selalu menerapkan protokol kesehatan sebagai upaya pencegahan penularan maupun penyebaran COVID-19 di lingkungan sekolah.

Baca juga: Cegah tawuran, polisi bubarkan kerumunan pelajar di Sukabumi
Baca juga: Tawuran antarpelajar SMP berhasil digagalkan personel Polres Sukabumi Kota
Baca juga: Pelaku penganiaya pelajar Bogor hingga tewas bertambah jadi enam tersangka

Pewarta: Aditia Aulia Rohman

Editor : Budi Setiawanto


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2022