Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto mengatakan pemerintah akan gencar menyosialisasikan tap kartu untuk pembayaran nontunai Biskita Trans Pakuan yang masih gratis kepada masyarakat hingga akhir Tahun 2021.

"Masyarakat antusias, tinggal kita gencarkan untuk kartu bayarnya, meskipun tidak bayar, tetap pakai akses kartu," kata Bima, saat meninjau lokasi bencana sekitar Warung Jambu, Bogor, Jawa Barat, Senin.

Bima menyampaikan di masa sosialisasi yang dapat dinikmati masyarakat secara gratis, setelah 10 dari 45 bus berukuran sedang yang telah beroperasi di daerahnya, Pemerintah Kota Bogor akan menambah kembali bus secara bertahap.

Baca juga: PDTJ Kota Bogor mulai pendaftaran bagi 49 pengemudi Biskita Trans Pakuan

Menurut dia, sambutan baik dari warga Kota Bogor membuat pemerintah daerah semakin semangat memberikan edukasi cara pembayaran nontunai yang telah menjadi sistem dari buy the service (BTS) dari Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) Kementerian Perhubungan (Kemenhub) itu.

Bima berharap tarif yang akan dikenakan bagi penumpang Biskita Trans Pakuan tidak jauh berbeda dari angkutan kota (angkot) yang berkisar Rp3.500.
 
Dengan rute yang lebih panjang dan memberikan kenyamanan lebih bagi penumpang, Wali Kota Bogor menginginkan tarif di antara Rp5.000-Rp7.500.

"Kami berharap lebih murah dari angkotlah, angkot kan Rp3.500 misalnya, kalau ini meskipun di atas itu sedikit, tapi terintegrasi," katanya.
 
Baca juga: 10 BisKita Trans Pakuan Kota Bogor mulai beropasi

Biskita Trans Pakuan memberikan sejumlah fasilitas yang berbeda dengan angkot, yakni dilengkapi dengan pendingin udara (AC), CCTV, passenger counting system, ramah disabilitas, peralatan keamanan APAR dan pintu darurat. Untuk kapasitas penumpang 35 orang, terdiri dari 20 tempat duduk dan 15 berdiri.
 
Sebanyak 10 Biskita Trans Pakuan yang mengonversi 30 angkot telah beroperasi di koridor 5 rute Stasiun Bogor-Ciparigi.
 
Terdapat 16 halte Biskita Trans Pakuan, yakni halte di Stasiun Bogor - Bappeda - RS - Salak - Sudirman - Air Mancur 2 - GOR - Gedung DPRD - SMPN 5 - Tugu Anti-Narkoba 1 - Tugu Anti-Narkoba 2 - Pemda 2 - SDN Kedung Halang 1 - Kedung Halang 2 - Villa Bogor Indah 2 - SMPN 19 Bogor 2 - Ciparigi.
 
Baca juga: BPTJ: Kota Bogor jadi pilot proyek penerima program BTS

Kemudian dari arah sebaliknya, halte Ciparigi - SMP 19 Bogor 1 - Villa Bogor Indah 1 - Kedung Halang 1 - Pemda 2 - Jambu Dua - SMP 8 - BPJS - Dinkes - Air Mancur 1 - Dinsos - Graha Pool Merdeka - PGB - Stasiun Bogor.
 
Jam Operasional bus ini mulai dari pukul 05.00 hingga 21.00 WIB dan untuk tarif, sementara tidak berbayar hingga akhir Desember 2021.

Pewarta: Linna Susanti

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2021