Pemerintah Kota Depok, Jawa Barat bersama Fakultas Teknik Universitas Indonesia tengah merancang pengembangan kawasan Heritage Depok Lama untuk dijadikan tempat tujuan wisata sejarah.

"Semua perencanaan tengah disusun untuk mewujudkan Heritage Depok Lama tersebut. Namun, terlebih dahulu dilakukan kerja sama dengan Pemerintah Belanda," kata Wakil Wali Kota Depok Imam Budi Hartono di Depok, Sabtu.

Baca juga: Pemkot Depok dorong Situ bisa dijadikan destinasi wisata
Baca juga: Wawali Depok bersihkan tanaman gulma di Situ Tujuh Muara peringati "World Cleanup Day"

Ia mengatakan kerja sama yang pertama ingin buat kota kembar dengan Belanda agar peninggalan sejarah Belanda di Depok bisa menjadi destinasi bagi warga dunia untuk datang ke Depok.

Dia mengatakan pencanangan tersebut akan melibatkan pentahelix antara Pemkot Depok, Kedutaan Besar Belanda di Indonesia, FTUI, komunitas-komunitas, dan pengusaha. Dengan demikian, diharapkan dapat melahirkan kawasan objek wisata budaya peninggalan sejarah Belanda di Kota Depok.

"Kerja sama berlima untuk mewujudkan itu. Kita angkat budaya-budaya Depok, baik dari segi religius keislaman dan budaya sejarahnya akan dibuat museum peninggalan benda sejarah di Kota Depok dan satu kegiatan bersifat internasional karena sudah terbentuk di Depok. Semoga terealisasi tunggu saja," katanya.

Baca juga: Imam Budi Hartono siap wujudkan destinasi wisata Situ Rawa Kalong Depok

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Depok Dadang Wihana mengungkapkan pertemuan dengan UI guna membahas pembangunan infrastruktur perkotaan dan pengembangan kawasan Heritage Depok Lama, melibatkan sejumlah pemangku kepentingan dan organisasi perangkat daerah terkait.

"Nantinya kawasan tersebut akan disulap menjadi destinasi wisata bersejarah," katanya.

Pewarta: Feru Lantara

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2021