Cibinong, Bogor, (Antara Megapolitan) - Dinas Komunikasi dan Informasi (Diskominfo) Kabupaten Bogor, Jawa Barat, melakukan penandatanganan kerjasama dengan LKBN Antara, mengenai pembuatan video tron untuk mengoptimalkan penyebarluasan informasi.

"Hal itu (kerjasama) dilakukan untuk memaksimalkan penyebarluasan informasi kepada seluruh masyarakat Kabupaten Bogor dengan menggunakan media luar ruang," kata Kadiskominfo Kabupaten Bogor Wawan Munawar Sidik di Cibinong, Kamis.

Ia mengatakan kerjasama ini sangat diperlukan untuk mengoptimalkan penyebaran informasi kepada masyarakat.

Pemanfaatan media luar ruang telah dilakukan melalui media cetak, elektronik, online, baliho hingga media tradisional wayang goleng yang rutin dilaksanakan setiap tahun.

"Kami telah membangun layanan pengaduan masyarakat berbasis android," katanya.

Ia mengatakan berbagai sudut telah kita manfaatkan untuk menoptimalkan Keterbukaan Informasi Publik (KIP) dengan pemanfaatan video tron ini adalah upaya yang kami lakukan agar informasi bisa masuk kesemua lini.

"Insya Allah Oktober akan kami resmikan, sebagai pengawal akan dipasang satu video tron di Jalan Raya Tegar Beriman," katanya.

Pemkab Bogor bahkan telah memiliki tenaga operator teknologi informasi di seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD), yang rutin diberikan pelatihan yang berkaitan dengan pembuatan data base untuk meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) nya.

"Kami sangat berterima kasih dengan kerja sama ini, kami berharap video tron bisa benar-benar dimanfaatkan oleh seluruh OPD untuk menyebarkan infromasi kepada masyarakat, terlebih dengan adanya tenaga operator di seluruh OPD," ujarnya.

Sementara itu, Direktur LKBN Antara Hempi N Prajudi mengatakan pihaknya mendapat tugas dari pemerintah mengenai desiminasi informasi dengan menyambaikan berbagai berita baik di Indonesia hingga berita dunia.

"Kemenkominfo saat ini memang belum memiliki kepanjangan tangan maka ANTARA diminta untuk membuat berita teks, foto, video desiminasi ke seluruh Indonesia," kata Hempi.

Layar Indonesia, kata Hempi, rencananya lima tahun kedepan akan dibuat sebanyak 300 LED video tron yang tersebar diseluruh Indonesia.

Dengan sistem saling berjaring sehingga berbagai informasi yang ada diseluruh penjuru daerah Indonesia bisa diketahui oleh masyarakat luas.

"Misalnya informasi di Bogor bisa terjaring langsung ke Makasar dan lainnya," katanya.

Ia berharap semoga tujuan kami bisa tercapai dengan baik, serta kerjasama ini bisa bermanfaat diantara kedua belah pihak. Tentunya bisa membantu mempromosikan potensi yang ada khususnya di Pemkab Bogor.

Pewarta: Ahmadi

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2015