Balai Benih Ikan (BBI) Kota Depok Jawa Barat menghasilkan 200 ribu benih ikan per tahun untuk disalurkan kepada masyarakat guna mendukung program ketahanan pangan.

Kepala Unit Pelayanan Teknis Daerah (UPTD) Balai Benih Ikan Kota Depok, M. Nur Hidayat di Depok, Kamis mengatakan dalam setahun BBI menghasilkan sekitar 200 ribu bibit ikan konsumsi untuk disalurkan kepada masyarakat.

"Selain masyarakat yang membutuhkan, pembagian benih ikan juga ke komunitas, kelompok pembudidaya ikan yang ingin berbudidaya ikan, karang taruna dan lainnya," kata Nur Hidyat usai memberikan ribuan benih ikan di kantor Sekretariat Media Sahabat Depok (MSD) Sawangan, Depok, Kamis.

Pembagian benih ikan konsumsi sebanyak 2.500 ekor terdiri dari ikan gurame, nila, dan tawes. Semoga dapat bermanfaat dan juga sebagai mendukung gerakan pemerintah dalam ketahanan pangan.

Baca juga: Permintaan benih ikan nila di Bangka alami penurunan

"Ikan yang ada nanti jika panen dapat berguna dan dimanfaatkan sebaik-baiknya. Terutama di masa pandemi, dapat menumbuhkan ekonomi mandiri yang lebih baik," tambahnya.

Sementara itu untuk fasilitas di BBI, Hidayat menyebutkan penyediaan kelengkapan didukung APBD yaitu seperti penyediaan Nila dari penangkaran di Sukabumi oleh kementerian perikanan, Nila dari Wanayasa Purwakarta, dan gurame lokal dari daerah Ciseeng Bogor.

"Untuk tempat kita memiliki luas area 2 Hektare dan terdapat 60 kolam yaitu terdiri dari tanah, semi permanen, dan permanen. Untuk kolam tanah buat indukan, dan semi permanen untuk pemisahan," tambahnya.

Baca juga: KKP ajak pemda gelar Pasar Ikan Murah Ramadhan 2021

"Sekarang kita sedang pengembangan ikan hias jenis ikan cupang alam sebagai pilot project pemerintah. Lalu tahun ini kita fokus mengembangkan ikan jenis koi dan tetra yang lagi sangat dibutuhkan masyarakat."

Terpisah Ketua MSD, Rahmat Tarmuji menambahkan mengucapkan terima kasih kepada Dinas Ketahanan Pangan Pertanian dan Perikanan (DKP3) Kota Depok, khususnya UPTD Balai Benih Ikan (BBI) yang telah membantu menyalurkan benih ikan konsumsi sebanyak 2.500 ekor.

"Benih yang telah diberikan semoga dapat dikembangkan oleh para temen-temen wartawan yang juga mendukung penuh program pemerintah dalam ketahanan pangan di tengah masa pandemi sekarang ini," ujarnya.

Pewarta: Pewarta Antara

Editor : Feru Lantara


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2021