Kabupaten Bekasi ditunjuk pengurus daerah Jawa Barat sebagai tuan rumah pelaksanaan babak kualifikasi cabang olahraga panjat tebing Pekan Olahraga Daerah (Porda) XIV Jawa Barat 2022.

"Kita diperintahkan langsung oleh Pengda Jabar untuk menjadi tuan rumah babak kualifikasi Porda. Babak kualifikasi digelar mulai Bulan Juni 2021," kata Ketua Harian Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) Kabupaten Bekasi Randi Rasota di Cikarang, Kamis.

Baca juga: KONI Bekasi targetkan juara umum PORDA Jabar XIV/2022

Randi mengatakan ada sejumlah daerah yang mengajukan diri sebagai tuan rumah babak kualifikasi di antaranya Kabupaten Bogor. Kabupaten Ciamis sebagai representasi tuan rumah Tasikmalaya sebelumnya juga sudah ditunjuk sebagai tuan rumah namun dinyatakan tidak siap secara sarana dan prasarana.

"Waktu pelaksanaan mepet dan Ciamis dinyatakan tidak siap oleh pengurus daerah provinsi sementara kita dianggap paling siap makanya dipindahkan ke Kabupaten Bekasi," katanya.

Pihaknya kini tengah mematangkan persiapan usai ditunjuk sebagai tuan rumah babak kualifikasi cabang olahraga panjat tebing untuk Porda XIV Jabar yang akan dilangsungkan di Kabupaten Subang, Kabupaten Bandung Barat, dan Tasikmalaya pada tahun 2022.

Baca juga: PRSI rekomendasikan Aquatic Center Bekasi jadi lokasi Porda 2022

Dari sisi sarana, kata dia, venue panjat tebing Kabupaten Bekasi merupakan satu-satunya sarana indoor yang ada di Indonesia dan telah diakui pengurus pusat FPTI sebagai sarana yang telah siap menggelar kejuaraan hingga level internasional.

"Beberapa hari ini hingga tanggal 25 besok pengurus pusat juga melakukan pelatnas di tempat kita. Kita tinggal melakukan penyesuaian agar lebih layak. Mengganti papan relief saja selebihnya sudah cukup karena yang paling penting adalah semangat kami merebut kembali juara umum panjat tebing yang sempat lepas di Porda 2018 Bogor kemarin," katanya.

Randi menyebut predikat juara umum Porda Jabar di cabang panjat tebing sebenarnya sudah diraih Kabupaten Bekasi secara berturut-berturut sebelumnya namun lepas saat Porda Jabar 2018 di Bogor lalu dengan raihan dua medali emas dari 23 medali yang diperebutkan.

"Makanya moto kita hari ini sama seperti KONI Kabupaten Bekasi, mengembalikan harga diri yang hilang," katanya.

Baca juga: Kejar medali Porda Jabar, Perbasi Bekasi datangkan legenda basket jadi pelatih

Di Porda Jabar 2022 mendatang FPTI Kabupaten Bekasi menargetkan 10 medali emas dari total 20 nomor yang dipertandingkan. Target itu dipasang agar mampu kembali meraih juara umum Porda.

"Kita sedang persiapkan atlet di beberapa lini tapi tidak bisa dibuka di media karena ini merupakan bagian dari strategi pemenangan kami," ucapnya.

Untuk memenuhi target medali pihaknya menyiapkan 20 atlet yang terdiri atas 10 atlet putra dan 10 atlet putri yang akan bertanding di semua nomor, termasuk di satu nomor baru yang dipertandingkan di Porda Jabar 2022 yakni speed track.

"Kans kita sangat bagus, kenapa saya bilang kita kuat di speed karena saat ini anak-anak kita yang kita titipkan di pelatnas sedang fokus berlatih di speed. Dan di pelatnas ini ada beberapa atlet yang notabene juara dunia seperti Aspar juara dunia putra," katanya.

"Keuntungan kita menjadi tuan rumah tidak ikut bertanding pada babak kualifikasi karena atlet secara otomatis akan bertanding di Porda melalui wild card. Selain itu kita juga bisa sekaligus mengintip kekuatan calon lawan kita," imbuh dia.

Pewarta: Pradita Kurniawan Syah

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2021