Kabupaten Pati, Jawa Tengah, memiliki kampung bebas narkotika, psikotropika, dan obat-obatan terlarang (narkoba), bahkan selama belasan tahun belum ada warga Desa Klecoregonang yang terlibat dalam penyalahgunaan narkoba.

"Selama saya menjabat kepala desa sejak 14 tahun yang lalu hingga sekarang belum pernah menemukan kasus peredaran minuman keras maupun narkoba di Desa Klecoregonang," kata Kepala Desa Klecoregonang Halimi di sela-sela pencanangan Kampung Candi Bersih Narkoba di Balai Desa Klecoregonang, Pati, Sabtu.

Baca juga: Lapas Cikarang deklarasi bebas HP dan narkoba

Untuk itulah, dia berharap dukungan semua pihak agar desa ini tetap terus menyandang label kampung bersih dari peredaran narkoba maupun miras.

Hadir pada acara tersebut, Kapolres Pati AKBP Arie Prasetya Syafa'at, Wakil Bupati Pati Saiful Arifin beserta Forkopimda dan warga Desa Klecoregonang, Kecamatan Winong.

Kapolres Pati AKBP Arie Prasetya Syafa'at menyampaikan apresiasinya terhadap Desa Klecoregonang yang mampu mempertahankan dan menjadikan contoh bagi desa lain di Kabupaten Pati sebagai desa bebas dari peredaran narkoba dan obat terlarang serta minuman keras.

"Polres Pati selaku penegak hukum sangat mengharapkan kerja sama segenap komponen masyarakat untuk aktif memberantas peredaran narkoba di Kabupaten Pati," ujarnya.

Baca juga: Pemkot Sukabumi Berkomitmen Berantas Narkoba

Dengan adanya pencanangan Desa Klecoregonang sebagai kampung candi bersih narkoba dan bebas minuman keras, dia berharap makin meningkatkan kesadaran masyarakat akan bahaya narkoba dan minuman keras sehingga lebih aktif dalam memerangi narkoba maupun minuman keras bersama aparat penegak hukum.

Ia mengungkapkan salah satu alasan menetapkan Desa Klecoregonang sebagai kampung siaga bersih narkoba, di antaranya karena hingga saat ini belum pernah ditemukan peredaran penyalahgunaan narkoba maupun minuman keras.

Sementara itu, Wakil Bupati Pati Saiful Arifin mengatakan bahwa pencanangan kampung bersih narkoba ini nantinya bisa menjadi motivasi bagi desa yang lain untuk mewujudkan desanya sebagai kampung bebas narkoba.

Baca juga: Kabupaten Bogor bertekad bebas dari penyalahgunaan narkoba

Apalagi, lanjut dia, narkoba sangat tidak mendidik dan merusak masa depan bangsa serta bisa merusak karakter dan kesehatan masyarakat. Dalam jangka panjang juga berpotensi menurunkan daya saing dan kemajuan bangsa.

"Kami berharap, di Kabupaten Pati tidak hanya Desa Klecoregonang yang mendapat julukan kampung bebas narkoba dan minuman keras, tetapi desa lain juga tergerak untuk mewujudkannya karena demi kepentingan bersama," ujarnya. ,

Pewarta: Akhmad Nazaruddin

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2020